Sunday 8 April 2012

pepaya bisa dibuat olahan KALUA PEPAYA

Aneka Jenis Kalua

kalua pepaya
Kalua Jeruk
Makanan khas ini sangat manis, jadi cocok sekali untuk Anda pecinta makanan manis. Makanan ini termasuk makanan tradisional karena dari cara pembuatannya masih menggunakan alat konvensional dan juga metode atau cara olahnya pun masih sederhana.

Dan yang unik dari makanan ini adalah variasi jenisnya, yaitu ada Kalua Jeruk, Kalua Kacang Tanah (Kalua Su'uk), Kalua Pepaya dan Kalua Kelapa. Yang unik adalah Kalua Jeruk, pasti Anda pikir bahwa Kalu Jeruk ini adalah Jeruk biasa yang di proses seperti manisan. Tapi sebenarnya bahwa Kalua Jeruk itu terbuat dari kulit Jeruk Bali yang diproses bersama gula pasir. Anda bisa bayangkan, kulit Jeruk Bali yang Pahit bisa diubah menjadi manisan atau Kalua.

kalua kacang
Kalua Kacang Tanah/Su'uk

Setiap jenis Kalua itu bentuknya berbeda-beda. Kalua Jeruk bentuknya kotak dadu dan berwarna cerah selain itu teksturnya juga agak kenyal seperti permen Jeli. Kalua Kacang Tanah/Su'uk bentuknya bulat pipih, kacang tanah dibalut gula merah yang manis, saat digigit rasa manis dan rasa gurih akan terasa. Kalua Pepaya dan Kalua Kelapa bentuknya hampir mirip dengan Kalua Jeruk, hanya saja yang membedakan adalah rasanya.

Anda bisa menemukan Kalua ini di daerah Pangalengan, Ciwidey, dan Cililin. Cocok sekali untuk dijadikan buah tangan dan cemilan.  



cara membuat olahan kalua pepaya: 

Pertama siapkan pepaya, kupas serta pisahkan biji dari daging. 

Setelah itu potong sesuai sama hasrat Anda.
Siapkan larutan berbentuk kombinasi air sejumlah 150 liter dengan 300 gr kapur sirih. 

Setelah siap, masukkan potongan pepaya mengkal ke larutan itu. Diamkan selaam lebih kurang 35 menit. Angkat ketika struktur potongan pepaya jadi lebih keras.
Sesudah diangkat, potongan pepaya dicuci hingga berish untuk menyingkirkan kombinasi rasa kapur sirih.
Sesudah bersih prima, potongan buah pepaya di rebus di air mendidih. Lebih kurang 5 menit. Angkat serta tiriskan.
Kemudian, siapkan larutan gula. Perbandingannya 1 kg gula digabungdengan 1 liter air. Sesudah larutan tercampur, masukkan natrium benzoat serta didihkan larutan. Sesudah mendidih, masukkan potongan pepaya mengkal ke dalamnya. Tunggulah sampai 1 hingga 1 1/2 jam. Kemudian matikan api.
tahap selanjutnya yaitu pengeringan. Sistem ini dikerjakan dibawah cahaya matahari dengan durasi 3 hari. Bila Anda mempunyai alat pengering, saat dapat dipangkas serta disetting ke angka 60 derajat celcius. Sesudah kering, mengeluarkan.
Tahapa akhir yaitu pengemasan. Sebaiknya taruh manisan pepaya kering didalam kantong atau paket lain yang kedap hawa supaya lebih awet. Gampang kan? Selamat coba!

kalua kelapa
Kalua Kelapa
kalua pepaya
Kalua Pepaya
 
Copyright © . pepaya boyolali - Posts · Comments
Theme Template by pepaya-boyolali · Powered by Blogger