Monday 27 February 2012

MEMBUAT BIBIT PEPAYA



Membuat Bibit Pepaya

Published by at 3:11 pm under Education
Terima kasih kepada semua yang telah mempercayai saya dengan memanfaatkan benih yang saya hasilkan baik jenis pepaya bangkok, pepaya california, pepaya hawaii, maupun pepaya redlady.
Dan saya pun menghapakan respon balik perkembangan lebih lanjut dari benih pepaya yang telah dibudidayakan, saya sangat gembira dari banyak respon mengatakan berhasil dan tumbuh dengan baik serta berbunga dan berbuah cukup bagus.
Namun ada beberapa yang  masih awam dan belum menguasai dalam membuat bibit khususnya mengkecambahkan. Bagi yang telah biasa memang tidak menjadi masalah, benih yang telah diterima di rendam dalam air lk. 1 malam bisa ditambahkan cairan perangsang pertumbuhan namun ini biasanya untuk benih yang telah lama disimpan (lebih dari 6 bulan), untuk benih dari saya tidak harus diberikan cairan perangsang karena benih masih baru. Setelah direndam selanjutnya …… klik [baca tulisan sebelumnya].
Bagi yang masih awam tidak usah khawatir, karena dikeluhkan benihnya setelah lk. 1 minggu tidak juga menjadi kecambah atau tidak seluruhnya menjadi kecambah atau tidak keluar bakal akar yang berwana putih seperti gambar di atas. Sebenarnya biji tersebut bisa langsung di tanam di pekarangan atau di kebun tanpa melalui proses prendaman dan pembibitan di dalam polybag yang akan memakan waktu lk. 1-1,5 bulan.
Namun untuk skala besar dan untuk alasan efisiensi biji perlu diproses terlebih dahulu mulai dari perendaman dan dikecambahkan hingga disemai dalam polybag. Bayangkan kalau kita tanam 1 ha atau lebih dan langsung biji kita tanam di lahan seluas itu, berapa biaya yang harus kita keluarkan untuk merawatnya dan berapa tenaga kerja yang dibutuhkan juga kekahawatiran akan gangguan-gangguan karena pohon masih kecil2 bisa kemungkinan terinjak2 dan gangguan hama. Oleh karena itu untuk skala besar perlu di tanam di polybag. Seperti gambar di bawah ini.
Bibit pepaya
Untuk penanaman di halaman rumah
Bagi yang ingin menanam di pekarangan rumah atau menanam tidak banyak, biji bisa langsung Anda ditanam di halaman  rumah atau biji di tanam terlebih dahulu di pot atau polybag atau di bekas gelas aqua, dan setelah usia lk. 1 bulan pindahkan kehalaman, Ingat… jangan lupa siran setiap hari atau yang penting  media tanam harus selalu tetap basah/lembab.
Beberapa yang dikeluhkan pada saya, biji/benih tidak menjadi kecambah setelah 1 minggu, ini tidak usah dikhawatirkan, benih tersebut masih bagus dan benih tersebut langsung saja tanam di polybag yang telah diisi media sedalam lk. 1cm. Dalam satu polybag juga bila ada alasan efisiensi media, maka dalam 1 polybag bisa di tanam 1-3 butir.

0 komentar:

 
Copyright © . pepaya boyolali - Posts · Comments
Theme Template by pepaya-boyolali · Powered by Blogger