Monday 27 February 2012

PEMILIHAN LOKASI BUDIDAYA PEPAYA

lahan pepaya di banyuwangiUntuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam membudidayakan pepaya, penentuan lokasi perlu dilakukan dengan cermat, tidak saja lokasi itu harus baik dalam aspek membudidayakan pepaya tapi lokasi juga harus diupayakan baik dalam aspek keamanan terutama dari tangan-tangan jahil, karena dari aspek keamanan ini sering dilupakan atau diabaikan ataupun salah memperkirakan dalam membudidayakan pepaya.
Pada dasarnya pepaya dapat ditanam dimana saja, namun untuk mendapatkan hasil yang maksimal ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan diantaranya sebagai berikut:
Pepaya dapat ditanam di dataran rendah sampai dataran tinggi dengan ketinggian sampai 1.000 m diatas permukaan laut (dpl), namun untuk dapat menghasilkan buah yang optimal penanaman pepaya sangat baik dengan ketinggian tidak lebih dari 500 m dpl. Semakin tinggi lahan pepaya ditanam maka semakin kurang tingkat kemanisannya dan bentuk buahnya pun kurang baik (kulit kasar tidak mulus).
Keadaan tanah, pepaya bisa ditanam disegala keadaan, namun untuk hasil yang optimal pilih tanah berat (latosol/laterit merah) dan di daerah yang subur dan gembur serta banyak mengandung bahan organik dengan pengairan yang baik, mengingat pepaya sangat peka terhadap kekurangan ataupun kelebihan air. Adapun pH tanah yang dianjurkan adalah netral (6-7).
Tanaman pepaya bila kelebihan air atau akar terlalu lama tergenang air ini mengakibatkan akar akan membusuk dan tanaman layu dan pada akhirnya akan mati. Demikian pula sebaliknya bila kekurangan air pepaya tidak akan tumbuh dengan sempurna.
Terhadap suhu udara tanaman pepaya  yang baik berkisar 22 – 26 derajat C, dengan penyinaran matahari langsung tanpa adanya halangan.
Dalam hal keamanan perlu diperhatikan a.l.:
Apakah lingkungan atau masyarakat di sekitar lahan yang akan kita tanami pepaya bisa menerima kita untuk membudidayakan pepaya. Pengalaman sendiri membuktikan, setelah melihat kondisi teknis tanah cukup baik,  langsung memulai membudidayakan tanpa memperhitungkan faktor keamanan, maka setelah buah pepaya masak satu persatu dari setiap pohon raib dicuri.
Ada pertanyaan bagaimana cara yang mudah memilih atau memperkirakan lahan yang baik sedangkan kita tidak punya alat ukur dan aman dari penjarahan?
Dari pengalaman kami memilih lahan, pilihlah lahan yang disekitarnya banyak ditanami tanaman sayur-sayuran atau tanaman jagung, atau di lahan tersebut pernah ditanam tanaman sayuran seperti kacang-kacangan, dll. Lahan tersebut hampir dipastikan sangat cocok untuk penanaman pepaya. Mengapa hal ini menjadi pilihan, umumnya akses air mudah serta akses transportasi yang mudah dan cepat mengingat sayuran harus tetap segar sampai di pasar atau konsumen.
Dalam segi keamanan atau kekhawatiran akan pencurian terhadap buah pepaya yang telah matang dan siap di panen, kami menghindari pemilihan lahan di wilayah yang padat penduduk dan jauh dari akses lalu-lalang sepeda motor. Ada pula lahan yang dekat dengan masyarakat namun sebelumnya telah ada kesepakatan dengan orang-orang yang

0 komentar:

 
Copyright © . pepaya boyolali - Posts · Comments
Theme Template by pepaya-boyolali · Powered by Blogger