Wednesday 15 October 2014

MENCARI MODAL USAHA lewat KARTU KREDIT

kartu credit yaitu alternatif kreatif untuk mendanai usaha. Di dalamnya ada cadangan dana yang siap digunakan sewatu-waktu.
saat saya ngikuti seminar BISNIS DENGAN MODAL HUTANG pembicara MIMING PANGARAH (enterpreneur university) .. dalam seminarnya dia tunjukkan rentetan kartu creditnya. Saya heran untuk apa dia mempunyai kartu credit sejumlah itu. “Ini modal usaha saya, ” tuturnya dalam seminar dengan enjoy.
Awalannya saya skeptis dengan pandangannya yang berasumsi kartu credit juga sebagai modal usaha. Saya pikir, kartu credit sesungguhnya didesain juga sebagai pengganti alat pembayaran tunai, bukanlah pembiayaan usaha.

Seakan tahu kesangsian saya serta peserta yang lain dia menjawab, “Ini untuk jaga-jaga, kalau-kalau usaha saya butuh dana mendadak. Terkecuali tak membutuhkan agunan, kartu credit dapat digunakan setiap waktu. Administrasinya juga gampang. Cukup sekali saja isi formulir, jadi kita mempunyai cadangan dana selama th.. ”
pak miming benar benar. Sesungguhnya dibalik selembar plastik kartu credit ada dana yang bisa dipakai untuk beragam kepentingan, termasuk juga juga sebagai modal untuk mengawali usaha.

Walau terus mesti waspada, kita dapat memakai kartu credit juga sebagai modal usaha. tersebut sebagian cacatan yang saya catat dari hasil seminar itu serta menajdi

sebagian panduan di bawah ini :
1. Tekuni prasyarat serta ketetapan (terms & conditions) yang berlaku. Perhatikan tanggal bikin tagihan, tanggal jatuh tempo, tingkat bunga, denda keterlambatan dan sebagainya. Cermati tiap-tiap pergantian yg tidak diberitahukan terlebih dulu.

2. Tentukan kartu credit sesuai sama keperluan Anda. Kartu credit dengan iuran tahunan enteng pas bila Anda senantiasa melunasi tagihan waktu jatuh tempo. Bila Anda punya niat mencicil, tentukan kartu credit dengan bunga rendah. Janganlah gampang tergiur dengan iming-iming potongan harga di restoran, lounge bandara serta beragam service exclusive yang belum pasti Anda perlukan.

3. Lunasi tagihan pada waktunya. Jangan sempat terlambat walau cuma satu hari. Bila Anda mencicil, bayarlah diatas jumlah minimal. Intinya yaitu tingkatkan reputasi Anda di mata penyedia layanan kartu credit. Kemudian kemukakan kenaikan limit kartu credit. Cadangan dana Anda juga bertambah.

4. Kartu credit juga sebagai dana modal kerja. Optimalkan prasyarat serta keadaan juga sebagai satu diantara langkah kreatif melakukan bisnis. Berikanlah termin pembayaran credit 30 hari untuk menarik pelanggan, lantas pakai saat tagihan kartu credit sepanjang 30-45 hari untuk membiayai modal kerja Anda.

5. Beli barang modal dengan hutang kartu credit. Ini baiknya Anda jauhi. Tetapi bila sangat terpaksa, gunakan promo angsuran bebas bunga. Butuh diingat, bunga sesudah saat promo sangatlah tinggi. Tekuni apakah Anda dapat melunasi hutang dalam saat promo?

6. Rencanakan keperluan serta pembayaran sebagus mungkin saja. Bedakan kartu credit pribadi serta usaha. Tulis tiap-tiap transaksi. Buat gagasan pembayaran serta cost bunganya. Cocokkan gagasan pembayaran dengan pemasukan Anda. Jangan sempat bunga kartu credit menggerogoti keuntungan usaha Anda. Janganlah terlilit dalam bunga kartu credit.

7. Janganlah bergantung pada kartu credit. Kartu credit bukanlah hanya satu sumber pembiayaan. Terdapat beberapa pembiayaan lain yang lebih sesuai sama keperluan usaha. Memanglah benar, kartu credit yaitu alternatif kreatif untuk menangani keperluan dana usaha. Tetapi credit usaha yang di tawarkan oleh bank konvensional lebih pas untuk usaha. Terkecuali tawarkan kriteria yang business-friendly, lewat credit usaha Anda dapat bangun jalinan serta reputasi yang tambah baik dengan bank creditor.


misal cerita pemakaian modal usaha :

Rony satu diantara pembiacara dalam seminar itu bercerita, waktu itu dia mempunyai 11 kartu credit

waktu itu ada tawaran usaha pelaksanaan instalasi serta pelaksanaan proyek di satu diantara gedung di solo dengan keutungan 40% dari modal yang di mengeluarkan. usaha nya mentok lantaran kurang modal

pada akhirnya dia mengeluarkan seluruhnya kartu creditnya, dijajarkan diatas meja nya serta dia memutar otak sembari melihat ke 11 kartu credit itu.

Apa yang dapat dikerjakan oleh kartu credit ini untuk dianya?

Pada akhirnya, inspirasi itu datang. Tiap-tiap kita menggesek kartu credit, jadi tagihan + bunga bakal jatuh tempo seputar 45-60 hari yang akan tiba.

Bila Rony menarik dana dari masing2 kartu credit @ Rp 2. 000. 000 saja, jadi dia telah dapat menghimpun modal Rp 22. 000. 000 hari itu, tanpa ada prasyarat apa pun.
.
dengan modal itu Rony tahu bakal memiliki keuntungan 40% dari modal yang di mengeluarkan dengan, periode waktu kesepakatan pembayaran sesudah proyek usai alokasi 2 minggu

Bila hari ke 15 Rony melunasi utang 22 juta itu, jadi tak ada bunga yang dibebankan kepadanya. Tetapi, dia dapat memperoleh keuntungan saat serta duit dari cara itu.
sesudah proyek selesai
serta duit juga cair dengan keseluruhan RP. 30. 800, 000

modal paling utama di kembalikan lagi di bank Rp. 22. 000. 000- saat sebelum jatuh tempo pelunasan

serta 11 kartu credit itu kembali NOL tak ada tagihan

rony untung seputar Rp. 8. 000. 000-

Rangkuman yang dapat di ambil dari cerita ini : ada utang yang baik serta ada utang yang jelek. Arti itu cuma dapat digolongkan bila si yang memiliki utang dapat mengatur keuangannya dengan cara baik serta benar.

Untuk anda yang senantiasa memikirkan tidak mempunyai modal, coba langkah Rony diatas. Disiplin yaitu kunci dari keberhasilan. Janganlah tergiur dengan benda2 konsumtif, pakai modal anda yang terbatas untuk bangun aset..

bukanlah bangun utang konsumtif.

yang butuh diperhatikan yaitu :

- hitung tiap-tiap kesempatan usaha yang datang serta berapakah margin keuntunganya
- disiplin pemakaian modal
- displin cermat pada pembayaran cermati periode waktu jatuh tempo
- janganlah pakai kartu credit cuma untuk berbelanja/shoping/hal hal konsumtif

0 komentar:

 
Copyright © . pepaya boyolali - Posts · Comments
Theme Template by pepaya-boyolali · Powered by Blogger