Thursday 19 June 2014

TIDAK SADAR DITENGAH KESADARANNYA

APAKAH SADAR/KESADARAN ITU?

15 Juli 2013 pukul 13:08
APAKAH SADAR/KESADARAN ITU?

SUGENG RIYADI:
Sumarah adalah ketika aku berhenti eksis...

HUDOYO HUPUDIO:
Benar sekali. Tetapi 'berhenti eksis' bukan berarti mati.

'Berhenti eksis': yg berhenti eksis adalah pikiran/diri. Itu terjadi di dalam kesadaran yg kuat. Yang eksis HANYALAH hakikat yg tertinggi (Al-Haqq).

SUGENG RIYADI:
Kalaulah seseorang bisa berubah menjadi robot, maka dia akan masih tetap berkegiatan tetapi aku nya tidak eksis lagi, karena robot tidak punya aku, right ?

HUDOYO HUPUDIO:
Manusia bukan robot. Robot tidak punya kesadaran. Manusia yg padam pikiran/akunya, berada dalam keadaan sadar yg maksimal. Anda sama sekali tidak mengerti padamnya pikiran/diri.

SUGENG RIYADI:
ohh...ternyata sadar itu tidak perlu pikiran yaa..apakah definisi kata 'pikiran' itu tidak berkaitan dengan definisi kata 'sadar' atau 'kesadaran', yaa... ?

HUDOYO HUPUDIO:
Menurut Anda, definisi pikiran itu apa? Defisini sadar itu apa? Bagaimana kaitan antara keduanya?

SUGENG RIYADI:
Berpikir adalah suatu kegiatan mental yang melibatkan kerja otak, jadi pikiran adalah hasil kerja fungsi otak. Ketika kita tidur atau pingsan, dikatakan bahwa kita sedang tidak sadar atau tidak sadarkan diri. Ketika orang mabuk, dikatakan bahwa dia sedang tidak sadar penuh. Apakah bapak punya pengertian yg berbeda soal pengertian "pikiran" dan "sadar/kesadaran" itu, Pak ?

HUDOYO HUPUDIO:
Tentang 'pikiran, berpikir' hampir sama dg pengertian Anda, cuma lebih mendasar lagi: 'pikiran' (thought), 'berpikir' (thinking) = tanggapan atau reaksi batin terhadap objek atau rangsangan yg datang dari luar dan dari dalam (bawah sadar).

SUGENG RIYADI::
menurut wikipedia: Awareness is the state or ability to perceive, to feel, or to be conscious of events, objects, or sensory patterns. In this level of consciousness, sense data can be confirmed by an observer without necessarily implying understanding. More broadly, it is the state or quality of being aware of something. In biological psychology, awareness is defined as a human's or an animal's perception and cognitive reaction to a condition or event.

HUDOYO HUPUDIO:
Tentang 'sadar', yg Anda jelaskan itu sadar dalam arti tidak tidur, tidak pingsan, tidak teler. Dalam bahasa Inggris disebut 'conscious'; 'kesadaran' = consciousness.

Tapi bukan itu yg saya maksud dg sadar dalam thread ini. Yang saya maksud adalah 'sadar' dalam arti 'eling/Jawa'. Dalam bahasa Inggris: aware, awareness.

'Sadar' di sini berarti menyadari gerak pikiran/akunya sendiri.

Orang yg berpikir, dia tidak sadar/eling. Misalnya orang yg melamun, dia tidak sadar/eling.
Kalau sadar/eling tengah melamun, lamunannya seketika itu juga lenyap.

Begitu pula dg semua kegiatan berpikir yg lain.
Selama orang berpikir, dia tidak sadar/eling.
Ketika dia sadar/eling, pikirannya seketika itu juga lenyap.

Jadi orang yg 'sadar' (conscious), belum tentu 'sadar' (aware).
Orang yg mencuri, berselingkuh, membunuh, korupsi dsb jelas melakukannya dalam keadaan sadar (conscious), tetapi dia tidak sadar/eling (aware) akan dorongan2 dalam batinnya sehingga melakukan perbuatan2 itu. Kalau dia sadar/eling, dia tidak akan melakukan perbuatan2 itu.

Secara singkat:
Ketika orang berpikir, ia tidak sadar.
Kalau ia sadar, pikirannya berhenti. (contoh melamun)

Jadi dapat disimpulkan: berpikir dan sadar/eling itu tidak sejalan, tidak kompatibel; yang satu menegasikan yg lain.

Kalau Anda mulai mengerti ini, Anda bisa memahami dengan benar posting2 saya tentang kesadaran.

SUGENG RIYADI:
Thought can refer to the ideas or arrangements of ideas that result from thinking, the act of producing thoughts, or the process of producing thoughts. In spite of the fact that thought is a fundamental human activity familiar to everyone, there is no generally accepted agreement as to what thought is or how it is created.
Because thought underlies many human actions and interactions, understanding its physical and metaphysical origins, processes, and effects has been a longstanding goal of many academic disciplines including artificial intelligence, biology, philosophy, psychology, and sociology.
Thinking allows humans to make sense of, interpret, represent or model the world they experience, and to make predictions about that world. It is therefore helpful to an organism with needs, objectives, and desires as it makes plans or otherwise attempts to accomplish those goals.

apakah berfikir menurut bapak berbeda dengan yg disebutkan oleh wikipedia tentang thought dan thinking itu, Pak ?

HUDOYO HUPUDIO:
Sama; cuma Wikipedia kurang memberikan definisi, cuma uraian.

Yang lebih jelas adalah definisi thought dari Encyclopedia Britannica. Kalimat pertamanya berbunyi:

"thought, covert symbolic responses to stimuli that are either intrinsic (arising from within) or extrinsic (arising from the environment)."

Persis seperti definisi saya, dan definisi Buddha, Krishnamurti dll.

0 komentar:

 
Copyright © . pepaya boyolali - Posts · Comments
Theme Template by pepaya-boyolali · Powered by Blogger