Thursday, 13 November 2014

cara lengkap Pengoptimalan Mesin pencari google



Selamat datang di Panduan 
Memulai Pengoptimalan Mesin 
Telusur Google 

Dokumen ini pertama kali dimulai sebagai upaya untuk membantu tim 
dalam Google, tetapi kami pikir panduan ini akan sama bergunanya 
untuk webmaster yang masih baru terhadap topik pengoptimalan 
mesin telusur dan ingin meningkatkan interaksi pengguna dan mesin 
telusur dengan situs mereka. Walaupun panduan ini tidak memberi 
tahu rahasia apa pun yang akan secara otomatis meningkatkan 
peringkat situs Anda pada kueri di Google (maaf!), mengikuti praktik 
yang diuraikan di bawah akan memudahkan mesin telusur dalam 
merayapi, mengindeks, dan memahami konten Anda. 

Optimasi mesin telusur sering kali mengenai modifikasi kecil pada 
bagian situs web Anda. Bila dilihat secara terpisah, perubahan ini 
mungkin tampak seperti perbaikan bertahap, tetapi saat digabungkan 
dengan pengoptimalan lainnya, mungkin ada dampak nyata pada 
pengalaman pengguna dan kinerja pada hasil penelusuran oganik 
situs Anda. Anda kemungkinan sudah akrab dengan kebanyakan 
topik pada panduan ini, karena topik tersebut merupakan bahan 
penting untuk semua laman web, tetapi Anda mungkin belum 
menggunakannya secara optimal. 

Walaupun judul panduan ini mengandung kata "mesin telusur", kami 
ingin menyampaikan bahwa Anda harus membuat keputusan 
pengoptimalan dengan mementingkan pengunjung situs. Mereka 
adalah konsumen utama konten dan menggunakan mesin telusur 
untuk menemukan pekerjaan Anda. Terlalu fokus pada perubahan 
tertentu untuk meraih peringkat pada hasil organik mesin telusur 
belum tentu memberikan hasil yang diinginkan. Pengoptimalan mesin 
telusur adalah tentang meletakkan kesan indah di awal dalam 
keterlihatan di mesin telusur, namun konsumen utamanya adalah 
pengguna Anda, bukan mesin telusur. 

Situs Anda dapat lebih kecil atau lebih besar daripada situs contoh 
kami dan menawarkan konten yang berbeda sama sekali, tetapi topik 
pengoptimalan yang kita diskusikan di bawah seharusnya dapat 
diterapkan ke semua ukuran dan jenis situs web. Kami berharap 
panduan kami dapat memberikan ide segar untuk meningkatkan situs 
web Anda, dan kami ingin mendengar pertanyaan, masukan, dan 
kisah sukses di Forum Bantuan Webmaster Google. 



2 



Daftar Isi 



Mulai dari sini, saya akan 
menjelaskan berbagai 
poin dalam 
pengoptimalan mesin 
telusur (SEO)! 




Googlebot 

Merayapi konten di 
internet untuk 
indeks Google 
setiap hari, setiap 
malam, tanpa henti. 



Dasar-dasar SEO 

Buat judul laman yang unik, akurat 
Menggunakan meta tag "description" 
+ Meningkatkan Struktur Situs 
Tingkatkan struktur URL Anda 
Buatlah situs agar lebih mudah untuk dinavigasi 
^ Mengoptimalkan Konten 
Tawarkan konten dan layanan yang berkualitas 
Tulis teks tautan yang lebih baik 
Optimalkan penggunaan gambar Anda 
Menggunakan tag heading sewajarnya 

• Menangani Perayap 
Menggunakan robots.txt dengan efektif 
Hati-hati saat mengunakan tautan rel="nofollow" 
SEO untuk Telepon Seluler 
Beri tahu Google tentang situs seluler 
Pandu pengguna seluler dengan akurat 

• Promosi dan Analisis 
28 Promosikan situs web Anda dengan cara yang benar 
30 Manfaatkan alat webmaster gratis 



Contoh dapat membantu penjelasan kita, jadi kami telah membuat 
situs web fiktif yang mengikuti keseluruhan panduan. Untuk setiap 
topik, kami menyajikan informasi yang cukup mengenai situs untuk 
mengilustrasikan poin yang dimaksud. Berikut beberapa informasi 
mengenai latar belakang situs yang akan kita gunakan: 



Nama situs web/bisnis: "Uang Kuno Tino" 
Nama Domain: example.com 

Fokus: Penjualan uang kuno hanya secara online, panduan 

harga, artikel, dan konten berita 
Ukuran: Kecil, -250 laman 



Pengoptimalan mesin telusur hanya memengaruhi hasil penelusuran 
organik, bukan hasil berbayar atau "yang disponsori" seperti Google 
AdWords. 




Penelusuran 5eki-.ar 5.670.000 Hasil (0.28 dMik) O 



■ klm •, ™- «*» ■■■■»■ uang kuna Mrwjip- t .v n 

i 1 




yang diminati tua dan mi 




Selamat Datang di Uang Kuno dot net : - Afghanistan Argentina Myanmar Qalar 
.V-!l;-|- t.,-! /iiii-nf 1,1 111- -11 - lin-. I ■ t. m., -ir - % nv n Vir. i I i'H-rt - n h 



l 5t S I T US JUAL rJfcLI UANG KUNO IN D ONESIA 

1 uang-kuno-indwiesia. btogs pol.com/ 

nya Silahkan Mampir dTvWRUNG ONLINE Terbaru Kami BELANJA ... 9 



MF NJDA I UANG KUNO M URA H MF RIAH 

temerHemen yang inojn memDeji BCau mencari usng-uang»'Dsrang ... 



U.ir-g Kuno 



{ C{ Dasar-dasar SEO j 

Buat judul laman yang unik, akurat 



Tunjukkan judul laman menggunakan tag judul 


<html> 
<head> 






■<title>Uang Kuno Tino - Jual Beli, Harga, dan Informasi Uang Kuno lndonesia</title>| 




Tag judul memberi tahu pengguna dan mesin telusur mengenai 
topik tertentu suatu laman. Tag <title> seharusnya ditempatkan di 
dalam tag <head> dari dokumen HTML (1). Idealnya, judul yang unik 
diperlukan untuk setiap laman pada situs Anda. 


<meta name="description=" content="Uang Kuno Tino menyediakan uang kuno 

asli dan replika dengan harga terjangkau. Cocok untuk mahar/mas kawin uang 

kuno. Dapatkan informasi mengenai"> 

</head> 

<body> 




Konten judul laman ditampilkan di hasil 
penelusuran 


(1) Judul laman beranda situs uang kuno kita. yang juga menguraikan nama bisnis 
dan tiga area fokus utama. 


Jika dokumen Anda muncul di laman hasil penelusuran, konten tag 
judul biasanya muncul pada baris pertama (jika Anda tidak 
familier dengan bagian hasil penelusuran Google yang berbeda, 
mungkin Anda ingin melihat anatomi video hasil penelusuran oleh 


Gooole 

£J} Indonesia 




insinyur Google Matt Cutts, dan diagram dari laman hasil penelusuran 
Google yang bermanfaat ini.) Kata di judul ditebalkan jika muncul 


uang kuno 

Penelusuran Google Saya Lagi Beruntung 




pada kueri penelusuran pengguna. Penebalan kata ini dapat 






membantu pengguna mengenali apakah suatu laman relevan 
dengan penelusuran mereka (2). 

Judul laman beranda Anda dapat menguraikan nama situs web/bisnis 
dan mencakup sebagian kecil informasi penting seperti lokasi fisik 
bisnis atau mungkin beberapa fokus atau penawaran utama (3). 


Uana Kuno Tino: Jual Beli. Haraa dan Informasi Uana Kuno Indonesia 

www.example.com/ 

Uang Kuno Tino menyediakan uang kuno asli dan replika dengan harga terjangkau. 
Cocok untuk mahar/mas kawin uang kuno. Dapatkan informasi mengenai... 




(2) Pengguna mengajukan kueri [uang kuno]. Laman beranda kita menampilkan 
hasil, disertakan dengan judul pada baris pertama (perhatikan bahwa istilah yang 
ditelusuri oleh pengguna muncul dalam huruf tebal). 




$ Uang ^^ji^^Bt^H^^^^^^ » '^fll^Std 






^m^m O www-example.com 






Jika pengguna mengeklik hasil dan mengunjungi laman tersebut, judul laman akan 
muncul pada bagian atas browser. 






Goode 

{TT Indonesia 






uang kuno terlangka 






Penelusuran Google Saya Lagi Beruntung 






* 

1 0 Uang Kuno Terlangka - Uang Kuno Tino 






www.example.com/artikel/10-uang-kuno-lerlangka.htm - Terjemahkan laman ini 
Percaya atau tidak. 10 Uang Kuno berikut adalah yang terlangka di Indonesia! Simak 
kisah di balik setiap lembarnya dan ketahui berapa harga yang rela dibayar seorang... 






(3) Pengguna mengajukan kueri [uang kuno terlangka]. Laman relevan, yang lebih 
dalam (judulnya unik terhadap konten laman) pada situs kita muncul sebagai hasil. 








Mesin telusur 




Fungsi komputer yang menelusuri data yang tersedia di internet menggunakan kata 


Singkatan dari HyperText Markup Language, sebuah bahasa yang digunakan saat 


kunci atau istilah yang ditentukan lainnya, atau sebuah program yang berisi fungsi ini. 


mendeskripsikan dokumen laman web. Bahasa ini menyatakan elemen dasar dari 


Tag <head> 


aman web, termasuk teks dokumen serta hyperlink dan gambar apa pun yang 


Elemen yang menunjukkan bagian kepala dalam dokumen HTML. Konten elemen ini 


tersemat di dalamnya. 


tidak akan ditampilkan di browser. 


Kueri penelusuran 


Satu atau beberapa istilah yang merupakan masukan oleh pengguna saat melakukan 



penelusuran di mesin telusur. 



Praktik Terbaik 



Deskripsikan konten laman dengan akurat 

Pilih judul yang menyampaikan topik konten laman dengan efektif. 



Hindari: 

• memilih judul yang tidak berhubungan dengan konten pada laman 

• menggunakan judul yang standar atau kabur seperti "Untitled" atau "New Page 1" 



Buat tag judul unik untuk setiap laman 

Setiap laman Anda idealnya harus mempunyai tag judul yang unik, yang membantu Google untuk 
mengetahui perbedaan laman tersebut dengan laman lainnya pada situs Anda. 

Hindari: 

• menggunakan satu tag judul pada semua laman atau sekumpulan besar laman situs Anda 



Gunakan judul yang singkat namun deskriptif 

Judul bisa pendek dan informatif. Jika judul terlalu panjang, Google hanya akan menampilkan sebagian 
di hasil penelusuran. 



Hindari: 

• menggunakan judul yang sangat panjang yang tidak membantu pengguna 

• menyertakan kata kunci yang tidak diperlukan pada tag judul Anda 




Tautan 



• Anatomi hasil penelusuran 

http://googlewebmastercentral.blogspot.com/2007/11/anatomy-of-search-result.html 

• Diagram laman hasil penelusuran Google 

http://www.google.com/support/websearch/bin/answer.py?answer=35891 



Menggunakan meta tag "description" 



Ikhtisar dapat ditentukan untuk setiap laman 



Meta tag deskripsi laman memberikan Google dan mesin 
telusur lainnya ringkasan mengenai suatu laman (1). Meta tag 
deskripsi laman bisa berupa kalimat maupun dua paragraf atau 
paragraf pendek, sedangkan judul laman bisa berupa beberapa kata 
atau frasa. Alat Webmaster Google menyediakan konten berguna 
bagian analisis konten yang memberitahukan mengenai deskripsi 
meta tag apa pun yang terlalu pendek, panjang, atau terlalu banyak 
digandakan (informasi yang serupa juga ditampilkan untuk tag <title>) 
Seperti tag <title>, deskripsi meta tag diletakkan di antara tag <head> 
pada dokumen HTML Anda 

Apakah manfaat dari meta tag deskripsi? 

Meta tag deskripsi penting karena Google mungkin 
menggunakannya sebagai cuplikan untuk laman Anda. Perlu 
diketahui bahwa kami mengatakan "mungkin" karena Google dapat 
memilih untuk menggunakan bagian yang relevan dari teks laman 
Anda yang terlihat jika kecocokan dengan kueri pengguna sangat 
baik. Sebagai alternatif, Google mungkin menggunakan deskripsi 
situs Anda pada Proyek Direktori Terbuka jika situs terdaftar (pelajari 
cara mencegah mesin telusur menampilkan data OPP ). 
Menambahkan meta tag deskripsi pada setiap laman merupakan 
langkah yang baik seandainya Google tidak dapat menemukan pilihan 
teks yang baik untuk digunakan pada cuplikan. Webmaster Central 
Blog memiliki pos informatif mengenai peningkatan cuplikan dengan 
meta tag deskripsi yang lebih baik. 

Kata pada cuplikan ditebalkan saat muncul dalam kueri pengguna (2). 
Hal ini memberikan petunjuk pada pengguna apakah konten pada 
laman cocok dengan apa yang dia cari. (3) adalah contoh lain, kali ini 
menampilkan cuplikan dari meta tag deskripsi pada laman yang lebih 
dalam (yang idealnya memiliki meta tag deskripsinya sendiri yang 
unik) yang berisi artikel. 



<html> 
<head> 

<title>Uang Kuno Tino - Jual Beli, Harga, dan Informasi Uang Kuno lndonesia</title> 



<meta name="description=" content="Uang Kuno Tino menyediakan uang kuno 
asli dan replika dengan harga terjangkau. Cocok untuk mahar/mas kawin uang 
kuno. Dapatkan informasi mengenai"> 



</head> 
<body> 



(1) Awal meta tag deskripsi untuk laman beranda kita yang memberikan gambaran 
singkat mengenai penawaran dari situs. 




j 3 n r. ku r o 



Penelusuran Google Saya Lagi Beruntung 

Uang Kuno Tino; Jual Beli. Harga dan Informasi Uang Kuno Indonesia 

www.example.com/ 

Uang Kuno Tino menyediakan uang kuno asli dan replika dengan harga terjangkau. 
Cocok untuk mahar/mas kawin uang kuno. Dapatkan informasi mengenai... 

(2) Pengguna mengajukan kueri [uang kuno]. Beranda kita muncul sebagai 
hasilnya, dengan bagian meta tag deskripsinya yang digunakan sebagai cuplikan. 



Goosle 

(^_J Indonesia 



uang kuno terlangka 



Penelusuran Google Saya Lagi Beruntung 

1 0 Uang Kuno Terlangka - Uang Kuno Tino 

www.example.com/artikel/10-uang-kuno-terlangka.htm - Terjemahkan laman ini 
Percaya atau tidak. 10 Uang Kuno berikut adalah yang terlangka di Indonesia! Simak 
kisah di balik setiap lembarnya dan ketahui berapa harga yang refa dibayar seorang... 



(3) Pengguna mengajukan kueri [uang kuno terlangka]. Salah satu laman yang 
lebih dalam, dengan meta tag deskripsinya yang unik digunakan sebagai cuplikan, 
muncul sebagai hasil. 



Glosarium 



Cuplikan Domain 

Teks yang ditampilkan di bawah judul dari laman web terkait yang muncul di laman Alamat di internet yang mengindikasikan lokasi komputer atau jaringan. Alamat ini 
hasil penelusuran mesin telusur. Ringkasan laman web dan/atau bagian laman yang dikelola untuk menghindari duplikasi. 

cocok dengan kata kunci penelusuran akan ditampilkan. 

Proyek Direktori Terbuka (ODP) 

Direktori web yang dijalankan secara sukarela terbesar di dunia (daftar tautan internet 
yang dikumpulkan dalam skala besar dan kemudian dikelola berdasarkan kategori). 



Praktik Terbaik 



Rangkum konten laman dengan akurat 

Tulis deskripsi yang akan menginformasikan dan menarik perhatian pengguna jika mereka melihat 
meta tag deskripsi Anda sebagai cuplikan dalam hasil penelusuran. 



Hindari: 

• menulis meta tag deskripsi yang tidak mempunyai hubungan dengan konten laman 

• menggunakan deskripsi umum seperti "Ini adalah laman web" atau "Laman tentang uang kuno" 

• mengisi deskripsi hanya dengan kata kunci 

• menyalin dan menempel seluruh konten dokumen ke dalam meta tag deskripsi 



Gunakan deskripsi unik untuk setiap laman 

Memiliki meta tag deskripsi yang berbeda untuk setiap laman membantu pengguna dan Google, 
khususnya dalam penelusuran yang dapat memunculkan beberapa laman dari domain Anda (misal: 
penelusuran menggunakan site: operator ). Jika situs Anda memiliki ribuan atau bahkan jutaan laman, 
membuat sendiri meta tag deskripsi kemungkinan tidak bisa dilakukan. Dalam kasus ini, Anda dapat 
menghasilkan meta tag deskripsi secara otomatis berdasarkan konten tiap laman. 



Hindari: 

• menggunakan meta tag deskripsi tunggal di semua laman situs Anda atau di sebagian besar laman 



Gunakan meta tag deskripsi 
untuk memberikan ikhtisar 
tentang apa laman Anda 
sebenarnya kepada mesin 
telusur dan pengguna! 






• Bagian analisis konten 


• Meningkatkan cuplikan dengan meta tag deskripsi yang lebih baik 


http://googlewebmastercentral.blogspot.com/2007/12/new-content-analysis-and- 
sitemap.html 


http://googlewebmastercentral.blogspot.com/2007/09/improve-snippets-with- 
meta-description.html 


• Mencegah mesin telusur menampilkan data ODP 


• site: operator 


http://www.google.com/support/webmasters/bin/answer.py?answer=35264 


http://www.brianwhite.org/2007/04/27/google-site-operator-an-ode-to-thee/ 







7 



Meningkatkan Struktur Situs J 

Tingkatkan struktur URL Anda 



URL yang mudah dipahami akan 
menyampaikan informasi konten dengan 
mudah 

Membuat kategori dan nama file yang deskriptif untuk dokumen situs 
web tidak hanya membantu situs tetap terorganisir dengan lebih baik, 
tetapi juga dapat membawa perayapan mesin telusur yang lebih 
baik pada dokumen Anda. Hal ini juga akan membuat URL yang lebih 
mudah dan "lebih bersahabat" untuk mereka yang ingin membuat tautan 
ke konten Anda. Pengunjung mungkin akan kesulitan oleh URL yang 
sangat panjang dan tersembunyi yang berisi sedikit kata yang dapat 
dikenali. 

URL seperti (1) bisa membingungkan dan tidak bersahabat. Para 
pengguna akan mengalami kesulitan untuk mengutip URL dari ingatan 
atau membuat tautan ke URL. Para pengguna juga mungkin percaya 
bahwa sebagian URL tersebut tidak penting, khususnya jika URL 
menunjukkan banyak parameter yang tidak dapat dikenali. Mereka 
mungkin menghilangkan sebagian dari URL sehingga tautan menjadi 
rusak. 









I 


(1) Sebuah URL ke laman situs uang kuno kita yang mungkin menyulitkan bagi 
pengguna. 



UANG KUNO TERLANGKA 



|U| Gan & sls r ar>e baru baca m artikel tentang uang kur* terlangka di lr«Jor>esia. Keren 

banget, top markotop! 

( j >%ft y p cek TKP, gan http://www.examp(e.comjjart l ..j . i . . i jkaj fttm • Laporkan 

pemula 

29/05/2012 



(2) Kata-kata yang disorot di atas dapat menginformasikan pengguna atau mesin 
telusur tentang isi laman target sebelum mengikuti tautan tersebut. 



Beberapa pengguna mungkin tertaut ke laman Anda menggunakan URL 
laman tersebut sebagai teks tautan. Jika URL berisi kata-kata yang 
relevan, URL akan memberi informasi lengkap tentang laman pada 
pengguna dan mesin telusur dibanding apa yang diberikan oleh ID 
atau parameter bernama aneh (2). 

URL ditampilkan di hasil penelusuran 

Terakhir, ingatlah bahwa URL pada dokumen ditampilkan sebagai 
bagian dari hasil penelusuran dalam Google, di bawah judul dan 
cuplikan dokumen. Seperti judul dan cuplikan, kata-kata dalam URL pada 
hasil penelusuran akan tampak tebal jika muncul dalam kueri pengguna (3). 
Di sebelah kanan adalah contoh lain yang menunjukkan URL pada domain 
kami untuk laman yang berisi artikel tentang uang kuno yang paling langka. 
Kata-kata dalam URL mungkin lebih menarik bagi penelusur dibanding 
nomor ID seperti "www.example.com/artikel/102125/". 
Google bagus dalam merayapi semua jenis struktur URL, bahkan jika URL 
tersebut cukup rumit, tetapi akan sangat berguna jika Anda meluangkan 
waktu untuk membuat URL Anda sesederhana mungkin, baik bagi 
pengguna maupun mesin telusur. Beberapa webmaster mencoba untuk 
mencapai hal ini dengan menulis ulang URL dinamis menjadi URL statis; 
Google tidak mempermasalahkan hal ini, namun kami ingin mengingatkan 
bahwa ini adalah prosedur tingkat lanjut dan jika dilakukan secara tidak 
benar, dapat mengakibatkan masalah penelusuran dengan situs Anda. 
Untuk belajar lebih banyak tentang struktur URL, kami merekomendasikan 
laman Pusat Bantuan Webmaster mengenai membuat URL yang 
bersahabat dengan Google . 



Google 

f ^Indonesi, 



uang kuno terlangka 



Penelusuran Googlo Saya Lagi Beruntung 



10 Uang Kuno Terlangka - Uang Kuno Tino 

www.example.com/artikel/lif ji7Tnfi kuno U'ri.mcjka| htm - Terjemahkan laman ini 
Percaya atau tidak. 10 Uang Kuno berikut adalah yang terlangka di Indonesia! Simak 
kisah di balik setiap lembarnya dan ketahui berapa harga yang rela dibayar seorang 



(3) Pengguna mengajukan kueri [uang kuno terlangka]. Salah satu laman kita akan 
muncul sebagai hasil, dengan URL tercantum di bawah judul dan cuplikan. 



Glosarium 



Perayapan 


Pengalihan 301 


Penjelajahan situs web oleh perangkat lunak mesin telusur (bot) untuk mengindeks 


Kode status HTTP (lihat halaman 12). Memaksa pengunjung situs untuk otomatis 


kontennya. 


pindah ke URL yang ditentukan. 


BBHH9 


Subdomain 


Data yang diberikan dalam URL untuk menentukan perilaku situs. 


Jenis domain yang digunakan untuk mengidentifikasi kategori yang lebih kecil dari 


ID (I D sesi) 


domain biasa (lihat halaman 6). 


Data yang disediakan untuk identifikasi dan/atau pengelolaan perilaku pengguna yang 


Direktori akar 


saat ini mengakses komunikasi sistem atau jaringan. 


Direktori paling atas dari struktur pohon suatu situs. Biasanya disebut "akar". 




Pilih URL yang mudah 
dipahami oleh pengguna 
dan mesin telusur! 



Praktik Terbaik 




Gunakan kata dalam URL 



URL dengan kata-kata yang relevan dengan konten dan struktur situs akan lebih bersahabat bagi para 
pengunjung yang menavigasi situs Anda. Pengunjung lebih mengingat URL tersebut dan mungkin 
akan lebih tertarik untuk menautkannya. 



Hindari: 

• menggunakan URL panjang dengan parameter yang tidak perlu dan ID sesi 

• memilih nama laman umum seperti "page1.html" 

• menggunakan kata kunci berlebihan seperti "uang-kuno-uang-kuno-uangkuno.htm" 



Buat struktur direktori yang sederhana 

Gunakan struktur direktori yang mengatur konten Anda dengan baik dan mempermudah pengunjung 
mengetahui tempat mereka berada di situs Anda. Usahakan untuk menggunakan struktur direktori 
Anda guna mengindikasikan jenis konten yang ditemukan dalam URL tersebut. 



Hindari: 

• membuat subdirektori bertingkat yang dalam seperti ".../dir1/dir2/dir3/dir4/dir5/dir6/page.html" 

• menggunakan nama direktori yang tidak berhubungan dengan konten di dalamnya 



Berikan satu versi URL untuk 
menjangkau dokumen 

Untuk mencegah pengguna bertaut ke satu versi URL dan pengguna lainnya bertaut ke versi yang 
berbeda (ini dapat merusak reputasi konten dalam URL), tetaplah fokus untuk menggunakan dan 
mengacu pada satu URL dalam struktur dan pertautan internal laman Anda. Jika Anda menemukan 
orang sedang mengakses konten yang sama melalui beberapa URL, menyiapkan pengalihan 301 dari 
URL yang tidak disukai ke URL dominan adalah solusi yang bagus untuk hal ini. Anda juga dapat 
menggunakan URL kanonis atau menggunakan elemen tautan rel="canonical" jika Anda tidak dapat 
mengalihkan. 



Hindari: ^^^^^ ^^^^^^^ 

• memiliki laman dari subdomain dan direktori akar yang mengakses konten yang sama 

- misal: "domain.com/page.htm" dan "sub.domain.com/page.htm" 

• menggunakan kapitalisasi URL yang aneh 

- banyak pengguna menyukai URL dengan huruf kecil dan mengingatnya dengan lebih baik 





• URL Dinamis 


• Pengalihan 301 


http://www.google.com/support/webmasters/bin/answer.py?answer=40349 
• Membuat URL yang Ramah Google 


http://www.google.com/support/webmasters/bin/answer.py?answer=93633 
• rel="canonical" 



http://www.google.com/support/webmasters/bin/answer.py?answer=76329 



http://www.google.com/support/webmasters/bin/answer.py?answer=139394 



9 



( ^C< Meningkatkan Struktur Situs j 

Buatlah situs agar lebih mudah untuk dinavigasi 



Navigasi sangatlah penting bagi mesin 
telusur 

Navigasi situs web penting dalam membantu pengunjung 
menemukan konten yang mereka inginkan secara cepat. Hal ini 

juga dapat membantu mesin telusur memahami isi konten yang 
dianggap penting oleh webmaster. Meski hasil penelusuran Google 
disediakan dalam tingkat laman, Google juga ingin menangkap peran 
sebuah laman bagi keseluruhan situs. 

Rencanakan navigasi Anda berdasarkan 
beranda Anda 

Semua situs memiliki beranda atau laman "akar", yang biasanya 
merupakan laman situs yang paling sering dibuka dan tempat 
permulaan navigasi untuk banyak pengunjung. Jika situs Anda hanya 
memiliki sedikit laman, Anda sebaiknya berpikir mengenai cara 
pengunjung berpindah dari laman umum (laman akar) Anda ke 
laman yang berisi konten yang lebih spesifik. Apakah Anda 
memiliki laman yang cukup di sekitar area topik spesifik sehingga 
akan masuk akal untuk membuat sebuah laman yang 
mendeskripsikan laman terkait ini (misal: laman akar -> cantuman 
topik terkait -> topik spesifik)? Apakah Anda memiliki ratusan produk 

Pastikan lebih banyak kemudahan bagi 
pengguna menggunakan 'daftar 
breadcrumb' 

berbeda yang perlu diklasifikasikan dalam beberapa kategori dan 
laman sub-kategori? 



P 



(akar) 



E 
E 



tentang 



artikel 



berita 



P 



p 



E 



2010 



2011 



2012 



kisaran-harga 



E 
E 

HP 



1900-1950 



1951-2000 



2000-sekarang 



P 



toko 



Struktur direktori website 
kecil kita mengenai uang 
kuno. 



- ^ttr*f 10 Uan 9 Kuno Terlangka * f 






^■> | v.'.exani ple.com i 


10-uang-kuno-terlangka.htm 


Uana Kuno Tino Artikel 10 Uana Kuno Terlanaka 



(1) Tautan breadcrumb muncul pada laman artikel yang lebih dalam pada situs 
Anda. 



Breadcrumb adalah sebaris tautan internal pada bagian atas atau 
bawah laman yang memungkinkan pengunjung menavigasi 
kembali ke bagian sebelumnya atau ke laman akar dengan 
cepat (1). Banyak breadcrumb memiliki laman yang paling umum 
(biasanya laman akar) sebagai tautan pertama dan paling kanan dan 
memuat bagian yang lebih spesifik keluar di sisi kanan. 



Glosarium 



404 (kesalahan "laman tidak ditemukan") Petasitus XML 

Kode status HTTP (lihat halaman 12). Artinya server tidak dapat menemukan laman Daftar laman pada situs web tertentu. Dengan membuat dan mengirimkan daftar ini, 
web yang diminta oleh browser. Anda dapat memberi tahu Google semua laman di situs web, termasuk URL apa pun 

yang mungkin tidak terdeteksi oleh proses perayapan reguler Google. 



10 



Izinkan kemungkinan sebagian URL 
dihapus 

Pertimbangkan apa yang akan terjadi jika seorang pengguna 
menghilangkan sebagian dari URL Anda - Beberapa pengguna 
mungkin menavigasi situs Anda dengan cara yang aneh, dan Anda 
harus mengantisipasinya. Misalnya, selain menggunakan tautan 
breadcrumb pada laman, pengguna mungkin memasukkan 
sebagian URL dengan harapan menemukan konten yang lebih 
umum. Dia mungkin mengunjungi http://www.example.com/ 
berita/2012/pameran-uang-kuno-berikutnya.htm, namun kemudian 
memasukkan http://www.example.com/berita/2012/ ke dalam bilah 
alamat browser, dan yakin bahwa ini akan menampilkan semua berita 
dari tahun 2012 (2). Apakah situs Anda disiapkan untuk menunjukkan 
konten dalam situasi ini atau akan akan memberikan pengguna 
sebuah 404 (kesalahan "laman tidak ditemukan")? Bagaimana jika 
memindahkan tingkat direktori ke http://www.example.com/berita/? 



Persiapkan dua petasitus: satu untuk 
pengguna, satu untuk mesin telusur 

Sebuah petasitus (huruf kecil) adalah laman sederhana pada situs 
Anda yang menampilkan struktur situs web, dan biasanya berisi 
cantuman hierarki laman situs. Pengunjung bisa mengunjungi 
laman ini jika mereka memiliki masalah dalam menemukan 
laman pada situs Anda. Meskipun mesin telusur juga akan 
mengunjungi laman ini, dan mendapatkan cakupan perayapan yang 
baik dari laman situs Anda, sebenarnya laman ini ditujukan untuk 
pengunjung manusia. 

File Petasitus XML (huruf besar), yang dapat Anda kirimkan melalui 
Alat Webmaster Google, mempermudah Google menjelajahi 
laman situs Anda. Menggunakan file Petasitus juga merupakan cara 
baru (meski tidak menjamin) untuk memberi tahu versi URL yang 
ingin Anda jadikan kanonis kepada Google (mis. http://example.com/ 
atau http://www.example.com/; lebih lanjut tentang domain mana 
yang lebih disukai ). Google membantu membuat Skrip Sitemap 
Generator sumber terbuka untuk membantu Anda membuat file 
Petasitus untuk situs Anda. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang 
Petasitus, Pusat Bantuan Webmaster menyediakan panduan penting 
untuk file Petasitus. 




(2) Pengguna dapat membuka direktori yang lebih di atas dengan menghapus 
bagian akhir URL. 



PETASITUS 




Utama: Kategori uang lama: 

• Berita • Mi 

• Tentanq website ini • Replika 

• Kebijakan privasi • Nominal 

• Tahun 

• Harga 


Paket spesial: 

• \l f :l '.',(■: K I. V r 

• Kado Ulanq Tahun 

• Replika Ekonomis 




<?xml version="1.0" encoding="UTF-8"?> 




<urlset xmlns="http://www.sitemaps.org/schemas/sitemap/0.9"> 


<url> 




<loc>http://www.example.com/</loc> 




<changefreq>daily</changefreq> 




<priority>0.8</priority> 




</url> 




<url> 




<loc>http://www.example.com/berita/</loc> 




</url> 




<url> 




<loc>http://www.example.com/berita/2010/</loc> 




</url> 




<url> 




<loc>http://www.example.com/berita/2011/</loc> 




</url> 




<url> 




<loc>http://www.example.com/berita/2012/</loc> 




</url> 




</urlset> 





Contoh petasitus HTML dan Petasitus XML. Petasitus HTML dapat membantu 
pengguna menemukan konten yang mereka cari dengan mudah, dan Petasitus 
XML dapat membantu mesin telusur menemukan laman di situs Anda. 





• Alat Webmaster 


• Skrip Sitemap Generator 


https://www.google.com/webmasters/tools/ 


http://code.google.eom/p/googlesitemapgenerator/ 


• Apa domain pilihan itu 


• Panduan file Petasitus 


http://www.google.com/support/webmasters/bin/answer.py?answer=44231 


http://www.google.com/support/webmasters/bin/answer.py?answer=1 56184 







11 



Buatlah situs agar lebih mudah untuk dinavigasi 



Praktik Terbaik 



Buat hierarki mengalir yang natural 

Buatlah sesederhana mungkin bagi pengguna untuk membuka konten umum dan konten spesifik 
yang mereka inginkan dalam situs Anda. Tambahkan laman navigasi jika perlu dan padukan 
penambahan ini secara efektif ke dalam struktur tautan internal Anda. 

Hindari: 

• membuat web tautan navigasi yang rumit, mis. menautkan setiap laman pada situs Anda ke 
setiap laman lain 

• terlalu bersemangat dalam membedah konten Anda (sehingga memerlukan dua puluh klik) 



Banyak menggunakan teks untuk navigasi 

Dengan mengontrol sebagian besar navigasi dari laman ke laman pada situs Anda melalui tautan teks 
akan memudahkan mesin telusur untuk menelusuri dan memahami situs Anda. Banyak pengguna 
juga menyukai pendekatan ini dibanding lainnya, khususnya untuk perangkat yang mungkin tidak 
menangani Flash atau JavaScript. 
Hindari: 

• memiliki navigasi yang didasarkan sepenuhnya pada menu tarik turun, gambar, atau animasi 
- kebanyakan, tapi tidak semua, mesin telusur dapat menemukan tautan-tautan seperti itu pada 
sebuah situs, tapi jika seorang pengguna dapat membuka semua laman dalam situs lewat 
tautan teks normal, maka hal ini akan meningkatkan aksesibilitas situs Anda; selengkapnya 
dalam cara Google menangani file non-teks 




Glosarium 



Flash 


Pengalaman pengguna 


Teknologi atau perangkat lunak web yang dikembangkan oleh Adobe Systems Incorporated. 


Pengalaman yang didapatkan pengguna dengan menggunakan produk, layanan, dll. 


Teknologi ini dapat membuat konten web yang memadukan suara, video, dan animasi. 


Penekanan diberikan dengan menyediakan pengalaman yang sangat dicari oleh pengguna, 


JavaScript Sejenis bahasa pemrograman. Bahasa ini dapat menambahkan fitur dinamis ke 


misalnya "kesenangan", "kemudahan", dan "kenyamanan". 


laman web dan digunakan oleh banyak layanan web. 


Kode status HTTP 


Menu tarik turun Sebuah sistem yang memungkinkan pengguna memilih konten dari menu. 


Sebuah kode yang mengekspresikan arti tanggapan dari server saat komputer menyampaikan 


Saat seseorang mengeklik di menu, daftar pilihan akan ditampilkan dalam bentuk daftar yang 


informasi ke satu sama lainnya. Kode tersebut dibagikan sebagai tiga digit numerik, dengan 


dapat ditarik. 


arti yang berbeda tergantung pada nomor yang digunakan. 


Aksesibilitas Kemampuan pengguna dan mesin telusur untuk mengakses dan memahami konten. 



Praktik Terbaik 



Letakkan laman peta situs HTML di situs Anda, 
dan gunakan file Petasitus XML 

Laman peta situs sederhana dengan tautan ke semua laman atau laman yang paling penting (jika 
Anda memiliki ratusan atau ribuan laman) di situs Anda dapat berguna. Dengan membuat file 
Petasitus XML untuk situs Anda membantu menjamin mesin telusur menemukan laman-laman pada 
situs Anda. 



Hindari: 

• membiarkan laman peta situs HTML Anda menjadi usang dengan tautan yang rusak 

• membuat peta situs HTML yang mencantumkan laman-laman begitu saja tanpa mengaturnya, 
misalnya berdasarkan subjek 



Miliki laman 404 yang berguna 

Pengguna kadang-kadang membuka laman yang tidak ada dalam situs Anda, baik dengan mengikuti 
tautan rusak atau mengetik URL yang salah. Dengan memiliki laman 404 khusus yang dapat 
memandu pengguna untuk kembali ke laman yang benar-benar ada di situs Anda, pengguna akan 
memperoleh pengalaman pengguna yang jauh lebih baik. Laman 404 Anda mungkin seharusnya 
memiliki tautan untuk balik ke laman dasar dan juga dapat menyediakan tautan ke konten populer 
atau konten terkait pada situs Anda. Google menyediakan widget 404 yang dapat Anda lekatkan 
dalam laman 404 untuk digabungkan secara otomatis dengan banyak fitur berguna. Anda dapat juga 
menggunakan Perangkat Webmaster Google untuk menemukan sumber URL yang memunculkan 
pesan kesalahan "tidak ditemukan". 



Hindari: 

• mengizinkan laman 404 Anda diindeks dalam mesin telusur (pastikan webmaster Anda 
dikonfigurasikan untuk memberi kode status HTTP 404 jika laman yang tidak ada diminta) 

• hanya menyediakan pesan kabur seperti "Tidak ditemukan", "404", atau sama sekali tidak ada 
laman 404 

• menggunakan rancangan untuk laman 404 Anda yang tidak konsisten dengan bagian situs Anda 
yang lain 





• Cara Google menangani file non-teks 


• Sumber URL yang menyebabkan kesalahan "tidak ditemukan" 


http://www.google.com/support/webmasters/bin/answer.py?answer=72746 


http://googlewebmastercentral.blogspot.com/2008/10/webmaster-tools-shows- 


• Laman 404 khusus 


crawl-error.html 


http://www.google.com/support/webmasters/bin/answer.py?answer=93641 


• Kode status HTTP 404 


• Widget 404 


http://www.w3.org/Protocols/rfc2616/rfc2616-sec10.html 


http://googlewebmastercentral.blogspot.com/2008/08/make-your-404-page 


s-more- 


useful.html 



13 



( ^ Mengoptimalkan Konten J 

Tawarkan konten dan layanan yang berkualitas 



Situs yang menarik akan meningkatkan 
pengenalannya dengan sendirinya 

Membuat konten yang menarik dan berguna akan lebih 
memengaruhi situs web Anda dibandingkan faktor lain yang 
didiskusikan di sini (1). Pengguna mengetahui konten yang bagus 
ketika mereka melihat konten tersebut dan mungkin akan 
mengarahkan pengguna lain ke konten tersebut. Bisa melalui pos 
blog, layanan media sosial, email, forum, atau media lain. 
Buzz organik atau dari mulut ke mulut adalah media yang membantu 
membangun reputasi situs Anda baik dengan pengguna dan Google, 
dan biasanya hal ini jarang terjadi tanpa adanya konten yang 
berkualitas. 

Antisipasi perbedaan pemahaman 
pengguna atas topik Anda dan tawarkan 
konten yang eksklusif dan unik 

Pikirkan tentang kata-kata yang mungkin ditelusuri oleh pengguna 
untuk menemukan sebagian konten Anda. Pengguna yang banyak 
tahu tentang topik tersebut mungkin menggunakan kata kunci yang 
berbeda dalam kueri penelusuran mereka dibanding seseorang yang 
baru melihat topik tersebut. Misalnya, penggemar uang kuno yang 
sudah lama mungkin menelusuri [uang kuno zaman belanda], 
sedangkan penggemar baru mungkin menggunakan kueri yang lebih 
umum seperti [uang kuno]. Dengan mengantisipasi perbedaan 
dalam perilaku penelusuran ini dan memperhitungkannya 
ketika menulis konten Anda (menggunakan perpaduan yang 
bagus antara frasa kata kunci) dapat menciptakan hasil yang 
positif. Google AdWords menyediakan Alat Kata Kunci yang 
membantu Anda menemukan variasi kata kunci baru dan melihat 
perkiraan volume penelusuran untuk tiap kata kunci (2). Perangkat 
Webmaster Google juga menyediakan kueri penelusuran teratas yang 
ditampakkan situs Anda dan kueri lain yang membawa pengguna 
terbanyak ke situs Anda. 

Pertimbangkan untuk membuat layanan yang baru dan berguna yang 
tidak ditawarkan situs lainnya. Anda juga dapat menuliskan karya 
riset orisinal, melaporkan berita yang menarik, atau 
meningkatkan basis pengguna yang unik. Situs lain mungkin 
kekurangan sumber daya atau tenaga ahli untuk melakukan hal ini. 



Kamis, 7 Juni 2012 

Uang Kuno Langka Impianku 

Uang KunoTino baru-baru ini merilis sebuah artikel mengenai uang kuno terlangka yang pernah 
ada di Indonesia. Anda mungkin pernah mendengar tentang uang kuno sebelumnya. 
Percayalah, beberapa di antaranya tak banyak diketahui orang dan akan membuat siapa pun 
terkagum- kagum. 

Ditulis oleh Gita pada 17:53 

(1) Seorang blogger menemukan sebagian konten Anda, menyukainya, lalu 
menjadikannya sebagai acuan dalam pos blog. 



Tentang data ini ? 



Unduh t | | Lihat sebagai teks t~| | Lihat di Penaksir Lalu Lintas t~| Disortir menurut Relevansi ▼ Kolom, ▼ 



© | V simpan semua Istilah penelusuran (1) 


- v' Simpan semua Ide kata kunci (100) 




1 ^50 dari 100 Q 


I < Istal 




Kata kunci 


Persaingan 


Penelusuran Bulanan Penelusuran Bulanan 






Global 


Lokal 


□ 


uang logam kuno " 


Rendah 


590 


590 


□ 


uang kertas kuno T 


Rendah 


880 


880 


□ 


uang rupiah kuno ▼ 


Rendah 


480 


480 


□ 


uang kuno rupiah ▼ 


Rendah 


480 


480 


□ 


jual uang kuno " 


Rendah 


1.600 


1.6O0 


□ 


harga uang kuno " 


Rendah 


1.000 


1.000 


□ 


kolektor uang kuno " 


Rendah 


880 


880 


□ 


gambar uang kuno 


Rendah 


480 


480 


□ 


koleksi uang kuno ' 


Rendah 


880 


880 


□ 


lelang uang kuno " 


Rendah 


58 


58 


□ 


dicari uang kuno T 


Rendah 


110 


110 


□ 


uang koin kuno " 


Rendah 


590 


590 


□ 


pembeli uang kuno » 


Rendah 


260 


260 


□ 


penjual uang kuno ' 


Rendah 


73 


73 


□ 


harga uang kuno indonesia ' 


Rendah 


140 


140 


□ 


daftar harga uang kuno " 


Rendah 


73 


73 


□ 


koleksi uang kuno indonesia " 


Rendah 


110 


110 


□ 


beli uang kuno ▼ 


Rendah 


720 


720 


□ 


cari uang kuno 


Rendah 


170 


170 


□ 


penjualan uang kuno T 


Rendah 


140 


140 


□ 


uang kuno termahal " 


Rendah 


390 


390 


□ 


uang kuno indonesia » 


Rendah 


2.4O0 


2.400 


□ 


gambar uang kuno indonesia " 


Rendah 


73 


73 


□ 


mata uang kuno ▼ 


Rendah 


720 


720 





(2) Alat Kata Kunci Google AdWords dapat membantu Anda menemukan kata kunci 
yang relevan di situs Anda dan volume kata kunci tersebut. 



Glosarium 





Layanan media sosial 


Google AdWords 


Layanan web berjenis komunitas yang mempromosikan dan mendukung penguatan 


Layanan periklanan yang menempatkan iklan relevan di laman hasil penelusuran dan 


hubungan antar-pengguna. 


konten lainnya. Saat pengguna menelusuri kata kunci menggunakan Google, iklan 


AdWords yang terkait dengan kata kunci tersebut akan ditampilkan di bagian kanan, 


atas, dan/atau bawah laman hasil penelusuran bersama dengan hasil penelusuran 



organik. 



14 



Meningkatkan konten dan 
layanan haruslah menjadi 
prioritas, terlepas dari apa 
Jenis situs webnya! 



Praktik Terbaik 



Tulis teks yang mudah dibaca 

Pengguna menikmati konten yang ditulis dengan baik dan mudah diikuti. 




Hindari: 

• menulis teks yang tidak rapi dengan banyak salah eja dan gramatika 

• menyematkan teks dalam gambar untuk konten tekstual 

- pengguna mungkin ingin menyalin dan menempel teks dan mesin telusur tidak dapat 
membacanya 



Tetaplah teratur dengan topiknya 

Mengatur konten Anda sehingga pengunjung dapat membedakan kapan salah satu konten dimulai 
dan lainnya diakhiri akan selalu menguntungkan. Membagi konten Anda menjadi potongan atau 
bagian akan membantu pengguna menemukan konten yang mereka inginkan dengan lebih cepat. 



Hindari: 

• membanjiri laman dengan sejumlah besar teks tentang topik yang beragam tanpa paragraf, 
subjudul, atau pemisahan tampilan 



Buat konten yang unik dan segar 

Konten baru tidak hanya akan menjaga basis pengunjung Anda untuk tetap kembali, 
tetapi juga menghasilkan pengunjung baru. 



Hindari: 

• mengulangi (atau bahkan menyalin) konten yang ada yang hanya memberi sedikit nilai tambah 
kepada pengguna 

• memiliki versi duplikat atau hampir duplikat dari konten Anda di seluruh situs Anda 
- selengkapnya tentang konten duplikat 



Buat konten yang diutamakan untuk pengguna 
Anda, bukan mesin telusur 

Merancang situs Anda sesuai dengan kebutuhan pengunjung serta memastikan situs Anda dapat 
diakses dengan mudah oleh mesin telusur biasanya menghasilkan hasil yang positif. 



Hindari: 

• memasukkan kata kunci yang tidak penting yang ditujukan untuk mesin telusur tapi mengganggu 
atau tidak masuk akal bagi pengguna 

• memasang sekumpulan teks berisi "salah eja yang sering digunakan untuk mencapai laman ini" 
yang tidak bermanfaat bagi pengguna 

• secara curang menyembunyikan teks dari pengguna , tapi menampilkannya bagi mesin telusur 





• Alat Kata Kunci 


• Konten duplikat 


https://adwords.google.com/select/KeywordToolExternal 


http://www.google.com/support/webmasters/bin/answer.py?answer=66359 


• Kueri penelusuran teratas 


• Menyembunyikan teks dari pengguna 


http://www.google.com/webmasters/edu/quickstartguide/sub1guide5.html 


http://www.google.com/support/webmasters/bin/answer.py?answer=66353 



15 



Tulis teks tautan yang lebih baik 



Teks tautan yang sesuai akan 
mempermudah dalam menyampaikan 
konten yang ditautkan 

Teks tautan adalah teks yang dapat diklik yang akan dilihat pengguna 
sebagai hasil dari tautan, dan terletak di antara tag anchor 
<a href="..."></a>. 



<a href=' , http://www.example.com/artikel/10-uang-kuno-terlangka.htm">^ 
Uang Kuno Terlangka</a> 

Teks tautan ini akan menjelaskan konten dari salah satu laman artikel kita dengan 
akurat. 



Teks ini memberi tahu pengguna dan juga Google sekelumit 
tentang laman yang Anda tautkan. Tautan pada laman Anda 
mungkin hanya internal— mengarah pada laman lain atau situs Anda— 
atau eksternal— mengarah pada konten di situs lain. Pada kasus- 
kasus ini, semakin baik teks tautan Anda, semakin mudah juga bagi 
pengguna untuk menavigasi dan bagi Google untuk memahami isi 
dari laman yang Anda tautkan. 

Situs Web 




Laman produk uang kuno 




Dengan teks tautan yang sesuai, pengguna dan mesin telusur dapat dengan mudah 
memahami apa yang ada di dalam laman yang ditautkan. 



Glosarium 



Gaya teks 

Singkatan dari Cascading Style Sheets; sebuah bahasa untuk menentukan desain dan Pemformatan, seperti font, ukuran, dan warna teks. 
tata letak sebuah laman web. 




Pilih teks yang deskriptif 

Teks tautan yang Anda gunakan untuk sebuah tautan seharusnya paling tidak memberikan sebuah ide 
dasar tentang apakah tema laman yang ditautkan. 

Hindari: 

• menulis teks tautan yang umum seperti "laman", "artikel", atau "klik di sini" 

• menggunakan teks yang tidak sesuai topik atau tidak ada kaitannya dengan konten dari laman yang tertaut 

• menggunakan URL laman sebagai teks tautan dalam kebanyakan kasus 

-meskipun terdapat penggunaan yang jelas sah atas hal ini, misalnya mempromosikan atau 
mereferensikan alamat situs web baru 



Tulis teks yang ringkas 

Usahakan membuat teks yang pendek namun deskriptif, yang biasanya memiliki sedikit kata atau 
frasa pendek. 

Hindari: 

• menulis teks tautan yang panjang, seperti kalimat yang panjang atau paragraf pendek 



Format tautan agar mudah dilihat 

Mempermudah pengguna membedakan antara teks biasa dan teks tautan dari tautan Anda. Konten 
Anda menjadi kurang berguna jika pengguna tidak melihat tautan atau tidak sengaja mengekliknya. 

Hindari: 

• menggunakan CSS atau pembuat gaya teks yang membuat tautan tampak seperti teks biasa 



Pikirkan juga tentang teks tautan untuk tautan 
internal 

Anda mungkin biasanya berpikir tentang penautan yang mengarah ke situs web luar, namun memberi 
perhatian lebih banyak ke teks tautan untuk tautan internal dapat membantu pengguna dan Google 
menavigasi situs Anda dengan lebih baik. 

Hindari: 

• menggunakan teks tautan yang panjang atau dipenuhi oleh kata kunci yang berlebihan hanya 
untuk mesin telusur 

• menciptakan tautan yang tidak perlu yang tidak membantu pengguna dalam menavigasi situs 



Mengoptimalkan KontenJ 

Optimalkan penggunaan gambar Anda 



Informasi terkait gambar dapat diberikan 
menggunakan atribut "alt" 

Gambar mungkin terlihat seperti komponen langsung dari situs Anda, 
tapi penggunaannya dapat dioptimalkan. Semua gambar dapat 
memiliki nama file yang berbeda dan atribut "alt", yang seharusnya 
Anda 

manfaatkan. Atribut "alt" memungkinkan Anda menetapkan teks 
alternatif untuk gambar jika tidak dapat ditampilkan karena 
beberapa alasan (1). 

Mengapa menggunakan atribut ini? Jika pengguna melihat situs Anda 
menggunakan browser yang tidak mendukung gambar, atau 
menggunakan teknologi lain, seperti pembaca layar, konten dari 
atribut alt akan menyediakan informasi tentang gambar. 

Alasan lainnya adalah jika Anda menggunakan gambar sebagai 
tautan, teks alt untuk gambar itu akan diperlakukan sama seperti teks 
tautan pada tautan teks. Namun, kami tidak menyarankan untuk 
menggunakan terlalu banyak gambar untuk tautan pada navigasi 
situs Anda jika menggunakan tautan teks sudah cukup. Terakhir, 
mengoptimalkan nama gambar dan teks alt membuatnya lebih 
mudah untuk proyek penelusuran gambar seperti Penelusuran 
Gambar Google untuk lebih memahami gambar Anda. 

Simpan file dalam direktori khusus dan 
kelola file tersebut menggunakan format 
file yang umum 

Alih-alih memiliki gambar yang tersebar di beberapa direktori dan 
subdirektori di seluruh domain Anda, pertimbangkan untuk 
menyatukan gambar Anda ke dalam direktori tunggal (mis. example. 
com/gambar/). Ini akan mempermudah jalur ke gambar Anda. 



Uang Rp 500 emisi 1992 



Gambar di atas merupakan pecahan uang kertas Rp SCO 
bergambar orang utan dan rumah adat Kalimantan Timur. 
Sebuah koleksi wajib bagi semua kolektor uang kuno, 



(1) Gambar kami tidak ditampilkan kepada pengguna karena beberapa alasan, tapi 
setidaknya teks alt dapat ditampilkan. 



P 



(akar) 




-B 



gambar 



tentang 



artikel 



berita 



(2) Akan lebih mudah untuk 
menemukan jalur ke gambar 
2006 jika gambar tersebut disimpan 
dalam satu direktori. 



Gunakan jenis file yang umum - Kebanyakan browser mendukung 
format gambar JPEG , GIF , PNG , dan BMP . Mencocokkan ekstensi 
nama file Anda dengan jenis file juga merupakan ide yang bagus. 



Glosarium 





Perangkat lunak untuk mengucapkan informasi di layar atau menghasilkan keluaran 


Bahasa ASCII 

Singkatan dari American Standard Code for Information Exchange (Kode Standar 


dalam tampilan Braille. 


Amerika untuk Pertukaran Informasi). Sebuah enkode karakter yang terpusat pada 



alfabet bahasa Inggris. 



18 



Praktik Terbaik 



Gunakan nama f ile dan alt teks yang singkat 
namun deskriptif 

Seperti banyak bagian laman lain yang ditargetkan untuk pengoptimalan, nama file dan teks alt (untuk 
bahasa ASCII) paling baik jika pendek namun deskriptif. 

Hindari: 

• menggunakan nama file generik seperti "image1.jpg", "pic.gif", "1.jpg" jika mungkin-beberapa situs 
dengan ribuan gambar mungkin memilih untuk mengotomatisasi penamaan gambar 

• menulis nama file yang sangat panjang 

• memasukkan kata kunci ke dalam teks alt atau menyalin dan menempelkan seluruh kalimat 



Berikan teks alt saat menggunakan gambar 
sebagai tautan 

Jika Anda memutuskan untuk menggunakan gambar sebagai tautan, mengisi teks alt akan membantu 
Google memahami selengkapnya tentang laman yang Anda tautkan. Bayangkan Anda menulis teks 
tautan untuk tautan teks. 



Hindari: 

• menulis teks alt yang terlalu panjang yang dapat dianggap spam 

• hanya gunakan tautan gambar untuk navigasi situs Anda 



Berikan file Petasitus Gambar 

File Petasitus Gambar dapat memberikan lebih banyak informasi kepada Googlebot tentang gambar 
yang ditemukan di situs Anda. Strukturnya mirip dengan file Petasitus XML untuk laman web Anda. 




Tautan 





• Penelusuran Gambar Google 


• PNG 


http://images.google.com/ 


http://en.wikipedia.org/wiki/Portable_Network_Graphics 


• JPEG 


• BMP 


http://en.wikipedia.org/wiki/JPEG 


http://en.wikipedia.org/wiki/BMP_file_format 


• GIF 


• Petasitus Gambar 


http://en.wikipedia.org/wiki/GIF 


http://www.google.com/support/webmasters/bin/answer.pv?answer=178636 





Mengoptimalkan Konten) 

Menggunakan tag heading sewajarnya 



Gunakan tag heading untuk menekankan 
teks yang penting 

Tag heading (jangan keliru dengan tag <head> HTML atau baris awal 
(bagian kepala) HTTP) digunakan untuk menyajikan struktur pada 
laman bagi pengguna. Terdapat enam ukuran tag heading, yang 
diawali dengan <h1>, yang terpenting, dan diakhiri dengan <h6>, yang 
paling tidak penting (1). 

Karena tag heading biasanya membuat teks yang terdapat di 
dalamnya menjadi lebih besar daripada teks normal pada laman, ini 

merupakan isyarat visual bagi pengguna bahwa teks ini penting 
dan dapat membantu mereka memahami sesuatu tentang jenis 
konten di bawah teks judul. Beberapa ukuran heading digunakan 
secara berurutan untuk menciptakan struktur hierarkis bagi konten 
Anda, membuat pengguna jadi lebih mudah menavigasi melalui 
dokumen Anda. 



</head> 
<body> 

<h1>Uang Kuno Tino</h1> 

<h2>Berita - Uang Kuno Zaman Belanda Ditemukan di Gubuk Reyot</h2> 
<p>Sungguh beruntung nasib mahasiswa yang sedang melakukan kuliah kerja 
nyata di sebuah desa di Tangerang ... la menemukan puluhan lembar uang kuno 
Zaman Belanda di gubuk reyot ... Segepok uang kuno ini tersimpan rapi dalam 
kotak antik yang konon merupakan pemberian seorang ... Belanda kepada tuan 
tanah setempat. </p> 



(1) Pada laman yang berisi berita, nama situs kita dapat diletakkan di tag <h1> dan 
topik dari berita di tag <h2>. 



Tag heading merupakan 
komponen situs web yang 
penting untuk menarik minat 
pengguna, jadi berhati-hatilah 
dalam menggunakannya! 



Praktik Terbaik 



Bayangkan Anda sedang menulis ikhtisar 

Seperti menulis ikhtisar untuk makalah besar, masukkan beberapa ide ke dalam poin-poin utamanya 
dan sub-poin konten di laman yang akan menjadi tempatnya, lalu tentukan di mana harus 
menggunakan tag heading dengan semestinya. 



Hindari: 

• menempatkan teks pada tag heading yang tidak akan berguna dalam menentukan struktur laman 

• menggunakan tag heading padahal tag lain seperti <em> dan <strong> mungkin lebih tepat 

• berganti-ganti ukuran tag heading secara tidak beraturan 



Gunakan heading seperlunya di seluruh laman 

Gunakan tag heading di tempat yang masuk akal. Terlalu banyak tag heading pada sebuah laman 
dapat membuat pengguna kesulitan untuk memindai konten dan menentukan akhir dari satu topik dan 
awal dari topik lainnya. 



Hindari: 

• menggunakan tag heading secara berlebihan di sepanjang laman 

• memasukkan seluruh teks laman ke tag heading 

• menggunakan tag heading hanya untuk gaya dan tidak mewakili struktur 



Glosarium 



Dalam HTTP (HyperText Transfer Protocol), jenis data berbeda yang dikirim sebelum 
data yang sebenarnya. 



Tag HTML yang menyatakan penekanan. Berdasarkan standar, tag ini akan 

menyatakan penekanan melalui penggunaan huruf miring. 

<strong> 

Tag HTML yang menyatakan penekanan yang kuat. Berdasarkan standar, tag ini akan 
menyatakan penekanan melalui penggunaan huruf cetak tebal. 



Karakter pengganti 

Karakter (*) yang mengambil tempat karakter lain atau rangkaian karakter, 
.htaccess 

File akses hypertext, sebuah file yang memungkinkan Anda mengelola konfigurasi 

server web. 

Log perujuk 

Informasi perujuk yang dituliskan ke dalam log akses. Ketika log ini dilacak, seseorang 
dapat mengetahui dari situs mana pengunjung datang. 



Menangani Perayap ) 

Menggunakan robots.txt dengan efektif 



Batasi perayapan jika tidak diperlukan 
dengan robots.txt 

File "robots.txt" memberi tahu mesin telusur apakah dapat 
mengakses kemudian merayapi bagian situs Anda (1). File ini, 
yang harus dinamai "robots.txt", ditempatkan di direktori akar situs 
Anda (2). 

Anda mungkin tidak ingin laman tertentu dari situs Anda dirayapi 
karena laman tersebut mungkin tidak berguna bagi pengguna jika 
ditemukan sebagai bagian dari hasil mesin telusur. Jika Anda ingin 
mencegah mesin telusur merayapi laman Anda, Alat Webmaster 
Google memiliki pembuat robots.txt untuk membantu Anda membuat 
file ini. Perhatikan bahwa jika situs Anda menggunakan subdomain 
dan Anda ingin laman tertentu tidak dirayapi pada subdomain 
tertentu, Anda harus membuat file robots.txt terpisah untuk 
subdomain tersebut. Untuk informasi selengkapnya tentang robots. 
txt, sebaiknya Anda membaca panduan Pusat Bantuan Webmaster 
tentang menggunakan file robots.txt ini. 

Terdapat beberapa cara lain untuk mencegah konten muncul di hasil 
penelusuran, seperti menambah "NONINDEX" ke tag meta robots 
Anda, menggunakan .htaccess pada direktori yang dilindungi kata 
sandi, dan menggunakan Alat Webmaster Google untuk menghapus 
konten yang telah dirayapi. Insinyur Google Matt Cutts menjelaskan 
satu per satu hal-hal yang perlu diperhatikan pada setiap metode 
pemblokiran URL dalam sebuah video yang membantu. 



User-agent: * 
Disallow: /gambar/ 
Disallow:/cari 



(1) Semua bot mesin telusur yang patuh (ditandai dengan simbol pengganti *) 
seharusnya tidak mengakses dan merayapi konten dengan /images/ atau URL apa 
pun yang jalurnya dimulai dengan /search. 




(2) Alamat file robots.txt kita. 



/ Selalu berhati-hatilah saat 

( mengelola informasi mana yang 

y benar-benar ingin dirayapi dan 

V mana yang tidak ingin dirayapi! 



Praktik Terbaik 



Gunakan metode yang lebih aman untuk konten 
yang sensitif 

Jangan merasa aman begitu saja saat menggunakan robots.txt untuk mencekal materi yang sensitif 
atau rahasia. Salah satu alasan adalah mesin pencari masih dapat memberi referensi URL yang Anda 
blokir (hanya menunjukkan URL, tidak ada judul atau snippet) jika ternyata ada tautan ke URL itu di 
Internet (seperti catatan perujuk). Tidak hanya itu, mesin telusur yang tidak patuh atau sembarangan 
yang tidak mengakui Robots Exclusion Standard dapat mengabaikan instruksi dari robots.txt Anda. 
Terakhir, pengguna yang ingin tahu dapat memeriksa direktori atau subdirektori pada robots.txt Anda 
dan menebak URL dari konten yang Anda tidak ingin perlihatkan. Mengenksipsi konten atau 
melindunginya dengan kata sandi dengan .htaccess merupakan alternatif yang lebih aman. 



Hindari: 

• memungkinkan laman mirip hasil penelusuran untuk dirayapi 

-pengguna tidak suka meninggalkan satu laman hasil penelusuran dan membuka laman hasil 
penelusuran lain yang tidak menambahkan nilai yang signifikan bagi mereka 

• membiarkan terbentuknya URL sebagai hasil dari layanan proxy untuk dirayapi 



• generator robots.txt 


Standar Pengecualian Robot (Robots Exclusion Standard) 


http://googlewebmastercentral.blogspot.com/2008/03/speaking-language-of- 


Sebuah konvensi untuk mencegah perayap/spider web yang bekerja sama, misalnya 


robots.html 


Googlebot, mengakses semua atau sebagian situs web yang dapat dilihat oleh publik. 
Layanan proxy 


• Menggunakan file robots.txt 

http://www.google.com/support/webmasters/bin/answer.py?answer=1 56449 


Sebuah komputer yang mengganti sambungan jika ada jaringan internal dan jaringan 
eksternal yang tersambung, atau perangkat lunak yang memiliki fungsi untuk tujuan 


• Peringatan dari tiap metode pencekalan URL 

http://googlewebmastercentral.blogspot.com/2008/01/remove-your-content- 


ini. 


from-google.html 



21 



Menangani Perayap 

Hati-hati saat mengunakan tautan 

rel= il nofollow il 



Lawan spam komentar dengan "nofollow" 

Menyetel nilai atribut "rel" dari tautan menjadi "nofollow" akan 
memberi tahu Google bahwa tautan tertentu pada situs Anda 
sebaiknya tidak diikuti atau membagikan reputasi laman Anda 
ke laman yang ditautkan. Menjadikan tautan nofollow adalah 
menambahkan rel="nofollow" di dalam tag jangkar tautan (1). 

Kapan hal ini berguna? Jika situs Anda memiliki blog dengan akses 
komentar publik aktif, tautan pada komentar itu dapat membagi 
reputasi Anda kepada laman yang mungkin tidak akan nyaman bagi 
Anda untuk memberi jaminan. Area komentar blog pada laman sangat 
mudah terkena spam komentar (2). Menjadikan tautan nofollow yang 
ditambahkan pengguna memastikan Anda tidak memberikan reputasi 
laman yang didapat dengan susah payah kepada situs spam. 

Menambahkan "nofollow" secara otomatis 
ke kolom komentar dan papan pesan 

Banyak paket perangkat lunak blog secara otomatis menandai 
nofollow pada komentar pengguna, tapi bagi yang tidak, masih dapat 
melakukan edit manual untuk nofollow. Saran ini juga berlaku untuk 
area lain pada situs Anda yang mungkin melibatkan konten yang 
dihasilkan pengguna, seperti buku tamu, forum, papan-komentar, 
daftar perujuk, dll. Jika Anda bersedia menjamin untuk tautan yang 
ditambahkan oleh pihak ketiga (misal: jika pemberi komentar 
dipercaya di situs Anda), maka tidak perlu menggunakan nofollow 
pada tautan, namun, menautkan pada situs yang dianggap 
Google sebagai spam dapat memengaruhi reputasi situs Anda 
sendiri. Pusat Bantuan Webmaster memiliki lebih banyak kiat tentang 
menghindari spam komentar , seperti menggunakan CAPTCHA dan 
mengaktifkan moderasi komentar (3). 



<a href="http://www.shadyseo.com" 



rel="nofollow' 



>Pelaku spam komentar</a> 



(1) Jika Anda dan pengguna situs Anda menautkan ke situs yang tidak Anda 
percaya dan/atau tidak ingin membagi reputasi situs, gunakan nofollow. 



Glosarium 



IO COMHENTS: 

Jual Obat said... 
Bagus pasungnya, bermanfaat 

Cek blog saya obat kuat murah 

TrlmsF 

June B. 2012 12:24 AM 



(2) Pelaku spam komentar meninggalkan sebuah pesan pada salah satu pos blog 
kita, berharap mendapatkan beberapa reputasi situs kita. 



M. Agsani said... 
Seneng banget, 

akhirnya ketemu juga uang kuno tahun 70an 
yang sudah lama saya cari 

Makasih banyak, gan 

June 8, 2012 12:33 AM 



edit comment 



publish this eommcnt 



Leave your comment 



5eneng banget, 



akhirnya ketemu juga uang kuno tahun 70an 
yang sudah lama saya cari 



Makasih banyak, gan 



You can use some HTML tags. such as <b>, <i>, <a> 
Please prove you're not a robot 


Vt@&& I 




Type the two words: 




yrward 9 


C *) B 







Choose an identity 

Google Account 
OpenlD I ^©G<1> 
* Name/URL 



Name m. Aqsani 

URL icptional) 
Anonymous 



Publish Your Comment 



(3) Sebuah contoh CAPTCHA yang digunakan di layanan blog Google, Blogger. 
Tidak mudah untuk memastikan apakah komentar yang diberikan betul-betul 
dibuat oleh manusia. 





Pengeposan spam komentar 


CAPTCHA 


Merujuk pada pos sembarangan, pada kolom komentar blog atau papan pesan, 


Completely Automated Public Turing test to tell Computers and Humans Apart (Uji 


tentang iklan, dsb. yang tidak memiliki keterkaitan dengan konten laman yang 


Turing Publik Terotomatisasi Penuh untuk membedakan Komputer dan Manusia). 


dimaksud. 





22 



Tentang menggunakan "nofollow" untuk 
setiap konten, keseluruhan laman, dsb. 

Kegunaan lain dari nofollow adalah saat Anda menulis konten dan 
ingin mereferensikan situs web, tapi tidak ingin memberikan 
reputasi kepadanya. Sebagai contoh, bayangkan Anda tengah 
menulis blog dengan topik spam komentar dan Anda ingin 
menyebutkan sebuah situs yang baru-baru ini memberi spam 
komentar di blog Anda. Anda ingin memperingatkan yang lain tentang 
situs itu, jadi Anda menambah tautan situs itu pada konten; namun, 
Anda tidak ingin membagi reputasi dari tautan itu kepada situs. Ini 
merupakan saat yang tepat untuk menggunakan nofollow. 



<html> 
<head> 

<title>Uang Kuno Tino - Jual Beli, Harga, dan Informasi Uang Kuno lndonesia</title> 
<meta name="description=" content="Uang Kuno Tino menyediakan uang kuno 
asli dan replika dengan harga terjangkau. Cocok untuk mahar/mas kawin uang 
kuno. Dapatkan informasi mengenai"> 



<meta name="robots" content="nofollow" 



</head> 
<body> 



(4) Hal ini akan mengaktifkan nofollow seluruh tautan pada laman. 



Terakhir, jika Anda tertarik untuk mengaktifkan nofollow pada seluruh 
tautan pada sebuah laman, Anda dapat gunakan "nofollow" pada 
meta tag robot, yang diletakkan di dalam tag <head> dari HTML laman 
itu (4). Webmaster Central Blog menyediakan pos yang bermanfaat 
mengenai penggunaan meta tag robot . Metode ini ditulis sebagai 
<meta name="robots" content="nofollow"> 



Pastikan Anda memiliki 
pengaman kuat yang siap 
menghadapi spam 
komentar! 



• Menghindari spam komentar 

http://www.google.com/support/webmasters/bin/answer.py?answer=81749 

• Menggunakan meta tag robot 

http://googlewebmastercentral.blogspot.com/2007/03/using-robots-meta-tag.html 



[O, SEO untuk Telepon Seluler) 

Beri tahu Google tentang situs seluler 



Konfigurasikan situs seluler agar dapat 
terindeks dengan tepat 

Tampaknya seluler semakin mendunia, dengan begitu banyak orang 
menggunakan telepon seluler setiap hari, dan basis pengguna yang 
besar menelusuri di laman penelusuran seluler Google . Akan tetapi, 
sebagai webmaster, menjalankan situs seluler dan menarik pemirsa 
penelusuran seluler tidaklah mudah. Situs seluler tidak hanya 
menggunakan format yang berbeda dari situs desktop normal, 
namun metode pengelolaan dan keahlian yang diperlukan juga 
berbeda. Akibatnya, muncul beragam tantangan baru. Meskipun 
banyak situs seluler dirancang dengan perhatian pada penayangan 
seluler, situs tersebut tidak dirancang untuk ramah penelusuran. 

Berikut kiat pemecahan masalah untuk membantu memastikan 
bahwa situs Anda dirayapi dan diindeks dengan semestinya: 

Verifikasikan bahwa situs seluler Anda 
terindeks oleh Google 

Jika situs web Anda tidak muncul dalam hasil penelusuran seluler 
Google meskipun menggunakan site: operator , mungkin situs Anda 
mengalami salah satu atau kedua masalah berikut: 

1. Googlebot mungkin tidak dapat menemukan situs Anda 

Googlebot harus merayapi situs Anda sebelum situs dapat 
dicantumkan dalam indeks penelusuran kami. Jika situs baru saja 
Anda buat, kami mungkin belum mengetahuinya. Jika itu 
masalahnya, buat Petasitus Seluler dan kirimkan ke Google untuk 
memberi tahu tentang keberadaan situs kepada kami. Petasitus 
Seluler dapat dikirimkan menggunakan Alat Webmaster Google , 
sama seperti Petasitus standar. 




GthJgle uang kuno 

Penelusuran sekitar s.bro. 



Koleksi Uang Lama | uangkuno.m 



Mengumpulkan uang ku 



Gambar untuk uang kuno - l 





II ' 




m 




Selamat Datang di Uang Kuno dot net. Supplier Uang Kuno Anda! 



: - Afghanistan Argentina h 



1st SITUS JUAL BELI UANG KUNO INDONESIA 

1 u an g-ku n o-i ndones a. blog s pot.com/ 

Buat Yang Mau Mulai Koleksi lu f u. I ml I i 



» uang ki 



Koleksi uang kuno - Koleksi Filateli 
Koleksi Uang Lama 



uang kuno. yang as 
kerennya ... 

Harga uang kuno - Uang Logam Inflr 



(1) Contoh penelusuran untuk [uang kuno] di 
penelusuran desktop Google (di atas) dan penelusuran 
seluler (kiri). Hasil penelusuran seluler dibuat untuk 
perangkat seluler dan berbeda dari hasil desktop 
"standar". 



Pastikan situs seluler Anda 
dikenali dengan semestinya 
oleh Google sehingga orang 
dapat menemukannya. 



Glosarium 



cm 



Petasitus Seluler 

Petasitus XML yang berisi URL laman web yang dirancang untuk telepon seluler. 
Mengirimkan URL konten web telepon seluler ke Google akan memberi tahu kami 
tentang keberadaan laman tersebut dan memungkinkan kami merayapinya. 
User-agent 

Perangkat lunak dan perangkat keras yang digunakan pengguna saat pengguna 
tersebut mengakses situs web. 



XHTML Mobile 

XHTML, sebuah bahasa markup yang dibuat ulang melalui adaptasi HTML ke XML, lalu 
diperluas untuk digunakan dengan telepon seluler. 
Compact HTML 

Bahasa markup yang menyerupai HTML; ini digunakan saat membuat laman web yang 
dapat ditampilkan di telepon seluler serta menggunakan PHS dan PDA. 



2. Googlebot mungkin tidak dapat mengakses situs Anda 

Beberapa situs seluler menolak akses dari apa pun kecuali telepon 
seluler, yang membuat Googlebot tidak mungkin mengakses situs 
tersebut, dan karenanya, membuat situs tidak dapat ditelusuri. 
Perayap kami untuk situs seluler adalah "Googlebot-Mobile". 
Jika Anda ingin situs Anda dirayapi, izinkan User-agent apa pun, 
termasuk "Googlebot-Mobile", mengakses situs Anda (2). Anda 
seharusnya juga menyadari bahwa Google dapat mengubah informasi 
User-agent miliknya kapan pun tanpa pemberitahuan, sehingga Anda 
sebaiknya tidak memeriksa apakah User-agent benar-benar cocok 
dengan "Googlebot-Mobile" (User-agent yang sekarang). Alih-alih, 
periksa apakah bagian kepala User-agent berisi string "Googlebot- 
Mobile". Anda juga dapat menggunakan Pencarian PNS untuk 
memverifikasi Googlebot . 

Verifikasi bahwa Google dapat mengenali 
URL seluler Anda 

Setelah Googlebot-Mobile merayapi URL Anda, kami kemudian akan 
memeriksa apakah tiap URL dapat dilihat di perangkat seluler. Laman 
yang kami putuskan sebagai tidak dapat dilihat di telepon 
seluler tidak akan dimasukkan dalam indeks situs seluler kami 

(meskipun laman tersebut mungkin dimasukkan dalam indeks web 
reguler). Penentuan ini didasarkan pada beragam faktor, salah 
satunya adalah deklarasi "DTD (Definisi Tipe Dokumen)". Periksa 
apakah deklarasi DTD URL ramah seluler Anda adalah format seluler 
yang sesuai, misalnya XHTML Mobile atau Compact HTML (3). Jika 
formatnya kompatibel, laman tersebut memenuhi syarat untuk indeks 
penelusuran seluler. Untuk informasi selengkapnya, lihat Pedoman 
Webmaster Seluler. 



SetEnvlf User-Agent "Android" allow_ua 
SetEnvlf User-Agent "BlackBerry" allow_ua 
SetEnvlf User-Agent "iPhone" allow_ua 
SetEnvlf User-Agent "NetFront" allow_ua 
SetEnvlf User-Agent "Symbian OS" allow_ua 
SetEnvlf User-Agent "Windows Phone" allow_ua 
Order deny.allow 
deny from all 
allow from env=allow_ua 



(2) Sebuah contoh situs seluler yang membatasi akses apa pun dari perangkat 
non-seluler. Ingatlah untuk mengizinkan akses dari agen pengguna termasuk 
"Googlebot-Mobile". 



<!DOCTYPE html PUBLIC "-//WAPFOLUM//DTD XHTML Mobile 1.0//EN" 

"http://www.wapfolum.org/DTD/xhtml-mobile10.dtd"> 

<html xmlns="http://www.w3.org/1999/xhtml"> 



<head> 

<meta http-equiv = "Content-Type" content = "application/xhtml + xml; 
charset=Shift_JIS" /> 



(3) Sebuah contoh DTD untuk perangkat seluler. 





• Laman penelusuran seluler Google 


• Dikirimkan menggunakan Alat Webmaster Google 


http://www.google.com/rn/ 


http://www.google.com/support/webmasters/bin/answer.py?answer=156184 


• site: operator 


• Gunakan Pencarian DNS untuk memverifikasi Googlebot 


http://www.google.com/support/webmasters/bin/answer.py?answer=35256 
• Petasitus Seluler 


http://googlewebmastercentral.blogspot.com/2006/09/how-to-verify-googlebot.html 
• Pedoman Webmaster Seluler 


http://www.google.com/support/webmasters/bin/topik.py?topic=8493 


http://www.google.com/support/webmasters/bin/answer.py?answer=72462 





25 



9, SEO untuk Telepon Seluler J 

Pandu pengguna seluler dengan akurat 



Menjalankan versi desktop dan seluler 
situs Anda 

Salah satu masalah paling umum bagi webmaster yang 
menjalankan versi seluler maupun desktop dari suatu situs 
adalah bahwa versi seluler situs tersebut muncul untuk 
pengguna di komputer desktop, atau versi desktop situs 
tersebut muncul saat seseorang mengaksesnya dari perangkat 
seluler. Dalam menangani skenario ini, berikut dua opsi yang 
memungkinkan: 

Alihkan pengguna seluler ke versi yang versi desktop versi seiuier 
benar l 



Saat pengguna seluler atau perayap (misalnya Googlebot-Mobile) 
mengakses versi desktop dari suatu URL, Anda dapat 
mengalihkannya ke versi seluler dari laman yang sama. Google 
memperhatikan hubungan antara kedua versi URL dan 
menampilkan versi standar untuk penelusuran dari desktop dan 
versi seluler untuk penelusuran seluler. 

Jika Anda mengalihkan pengguna, pastikan bahwa konten di URL 
seluler/desktop yang sesuai sudah sama (1). Misalnya, jika Anda 
menjalankan situs berbelanja dan ada akses dari telepon seluler ke 
URL versi desktop, pastikan bahwa pengguna dialihkan ke versi 
seluler dari laman untuk produk yang sama, dan tidak ke 
beranda situs versi seluler. Kami sering menemukan situs yang 
menggunakan jenis pengalihan ini dalam upaya untuk meningkatkan 
peringkat penelusuran mereka, namun praktik ini hanya berakibat 
pada pengalaman negatif pengguna, sehingga harus benar-benar 
dihindari. 

Akan tetapi, jika ada akses ke URL versi seluler dari browser desktop 
atau oleh perayap web kami, Googlebot, mengalihkannya ke versi 
desktop tidaklah diperlukan. Misalnya, Google tidak mengalihkan 
pengguna desktop secara otomatis dari situs seluler ke situs 
desktopnya; melainkan menyertakan tautan di laman versi seluler ke 
versi desktop. Tautan ini akan berguna terutama saat situs seluler 
tidak memberikan fungsi versi desktop secara lengkap— pengguna 
dapat bernavigasi ke versi desktop dengan mudah jika mereka mau. 




Glosarium 



Pengalihan 

Dibawa secara otomatis dari satu laman web tertentu ke laman web tertentu lainnya 
saat menjelajahi situs web. 



26 



■ 

o 

0) 
W 
03 

Q- 

0) 
W 
0) 

CO 



Beralih konten berdasarkan User-agent 

Beberapa situs memiliki URL yang sama untuk desktop dan konten 
seluler, namun mengubah formatnya menurut User-agent. Dengan 
kata lain, baik pengguna seluler maupun pengguna desktop 
mengakses URL yang sama (misal: tanpa pengalihan), namun 
konten/format sedikit berubah berdasarkan User-agent. Dalam kasus 
ini, URL yang sama akan muncul untuk penelusuran seluler 
maupun penelusuran desktop, dan pengguna desktop dapat 
melihat versi desktop dari konten, sementara pengguna seluler 
dapat melihat versi seluler dari konten (2). 

Akan tetapi, perhatikan bahwa jika Anda gagal mengonfigurasi situs 
dengan benar, situs Anda dapat dianggap sebagai penyelubungan , 
yang dapat berakibat pada hilangnya situs Anda dari hasil 
penelusuran. Penyelubungan merujuk pada upaya untuk 
meningkatkan peringkat hasil penelusuran dengan menyediakan 
konten berbeda ke Googlebot dibandingkan dengan ke pengguna 
biasa. Hal ini menyebabkan masalah, misalnya hasil yang kurang 
relevan (laman muncul di hasil penelusuran meskipun kontennya 
sebenarnya tidak terkait dengan apa yang dilihat/diinginkan 
pengguna), jadi kami menangani penyelubungan dengan sangat 
serius. 

Jadi apa artinya "laman yang dilihat pengguna" jika Anda memberikan 
kedua versi dengan URL? Seperti disebutkan dalam pos sebelumnya, 
Google menggunakan "Googlebot" untuk penelusuran web dan 
"Googlebot-Mobile" untuk penelusuran seluler. Agar tetap 
mengikuti pedoman kami, seharusnya Anda memberikan 
konten yang sama untuk Googlebot seperti yang akan dilihat 
pengguna desktop biasa, dan konten yang sama untuk 
Googlebot-Mobile seperti yang akan dilihat di browser pada 
perangkat seluler biasa. Tidak masalah jika konten untuk Googlebot 
berbeda dari konten untuk Googlebot-Mobile. 

Satu contoh tentang bagaimana Anda dapat terdeteksi sebagai 
penyelubungan secara tidak sengaja jika situs Anda memunculkan 
pesan seperti "Harap akses dari telepon seluler" ke browser desktop, 
namun kemudian memunculkan versi seluler penuh ke kedua perayap 
(sehingga Googlebot menerima versi seluler). Dalam kasus ini, laman 
yang dilihat pengguna penelusuran web (misal: "Harap akses dari 
telepon seluler") berbeda dari laman yang dirayapi Googlebot (misal: 
"Selamat datang di situs saya"). Sekali lagi, kami mendeteksi 
penyelubungan karena kami ingin memberikan konten relevan yang 
sama yang dirayapi Googlebot atau Googlebot-Mobile kepada 
pengguna. 



Konten desktop 




| Harus sama 



Konten seluler 




Bisa Bisa 
berbeda berbeda 



| Harus sama 



(2) Contoh pengubahan format laman yang didasarkan pada User-agent. Dalam 
kasus ini, pengguna desktop seharusnya melihat apa yang Googlebot lihat dan 
pengguna seluler seharusnya melihat apa yang Googlebot-mobile lihat. 



Pastikan untuk memandu 
pengguna ke situs yang 
benar untuk perangkat 
mereka! 




• Google seluler 

http://www.google.com/rn/ 

• Penyelubungan 

http://www.google.com/support/webmasters/bin/answer.py?answer=66355 



27 



[ C{ Promosi dan Analisis j 

Promosikan situs web Anda dengan cara 

yang benar 



Tentang meningkatkan tautan balik 
dengan tujuan untuk meningkatkan nilai 
situs 

Sementara kebanyakan tautan ke situs Anda akan didapat secara 
perlahan, saat orang menemukan konten Anda melalui penelusuran 
atau cara lain lalu menaut ke konten tersebut, Google memahami 
bahwa Anda ingin orang lain mengetahui tentang kerja keras yang 
telah Anda lakukan untuk konten ini. Mempromosikan konten baru 
Anda secara efektif akan memicu penemuan yang lebih cepat 
bagi mereka yang berminat pada subjek yang sama (1). Seperti 
juga kebanyakan poin yang tercakup dalam dokumen ini, menerapkan 
saran ini secara berlebihan malah akan membahayakan reputasi situs 
Anda. 

Kuasai pembuatan pengumuman lewat 
blog dan menjadi terkenal secara online 

Cara yang sangat baik untuk mengumumkan tentang konten atau 
layanan baru adalah melalui pos blog di situs, agar basis pengunjung 
Anda tahu bahwa Anda telah menambahkan sesuatu yang baru. 
Webmaster lain yang mengikuti situs atau umpan RSS Anda 
juga dapat mempelajarinya. 

Berusaha mempromosikan perusahaan atau situs Anda secara offline 
juga menjanjikan. Misalnya, jika memiliki situs bisnis, pastikan URL 
tercantum dalam kartu nama, kop surat, poster, dll. Anda juga dapat 
mengirimkan laporan berkala kepada para klien melalui surat agar 
mereka mengetahui konten pada situs web perusahaan. 

Jika Anda menjalankan bisnis lokal, menambahkan informasinya ke 
Google Places akan membantu Anda menjangkau pelanggan di 
Google Maps dan penelusuran web. Pusat Bantuan Webmaster 
memiliki kiat lainnya tentang mempromosikan bisnis lokal Anda . 



Situs Web 



Berita: "Paket uang kuno 
spesial minggu ini" 

-y 



A 




— 1 




Offline 



Online 

(1) Dengan mempromosikan situs Anda dan memiliki tautan berkualitas, reputasi 
situs Anda dapat meningkat. 



Gougle 



uang kuno 

t Uang Kuno Tino - 
Jl. RS. Fatmawati No. 1000X Cilandak Cilandak J 
Selatan DKI Jakarta 
(021)11111111 

f Uang Kuno Jaya - 
JL Ciputat Raya 2000 Pondok Pinang Kebayoran 



tUangKunoBambang - 
_l r ii i Iur, „i i : -n i Kembangan J; 



Uang Kuno - 

Jl. KH Abdullah No. 4000 Jakarta Pusat DKI Jakarta 
(021) 




(2) Dengan mendaftarkan bisnis Anda ke Google Places, Anda dapat 
mempromosikan situs melalui Google Maps dan penelusuran web. 



Glosarium 



Umpan RSS 

Data yang mencakup teks ringkasan atau lengkap yang mendeskripsikan pembaruan 
situs/blog. RSS adalah singkatan dari RDF Site Summary; sebuah layanan yang 
menggunakan format data yang serupa, yaitu Atom. 



28 



Praktik Terbaik 



Mengenal situs media sosial 

Situs yang dibuat dengan memperhatikan tentang berbagi dan interaksi pengguna mempermudah 
untuk mencocokkan grup orang yang berminat dengan konten yang relevan. 

Hindari: 

• berusaha mempromosikan setiap konten baru dan bagian kecil konten yang Anda buat; coba buat 
item yang besar dan menarik 

• melibatkan situs Anda dalam skema yang mempromosikan konten Anda secara palsu ke puncak 
layanan tersebut 



Dapatkan topik tersebut di komunitas yang 
terkait dengan situs Anda 

Kemungkinannya ada sejumlah situs yang mencakup area topik yang serupa dengan situs Anda. 
Memulai komunikasi dengan situs-situs ini biasanya bermanfaat. Topik hangat di tempat khusus atau 
komunitas Anda bisa memunculkan ide tambahan untuk konten atau membangun sumber daya 
komunitas yang baik. 

Hindari: 

• melakukan spamming permintaan tautan ke semua situs terkait area topik Anda 

• membeli tautan dari situs lain dengan tujuan lebih mendapatkan PageRank daripada lalu lintas 



f Apakah kinerja situs 
C Anda baik-baik saja? 




Tautan 



• Google Places 

http://www.google.com/local/add/ 

• Mempromosikan bisnis lokal Anda 

http://www.google.com/support/webmasters/bin/answer.py?answer=92319 



[ C{ Promosi dan Analisis j 

Manfaatkan alat webmaster gratis 



Jadikan perayapan Googlebot lebih mulus menggunakan Alat Webmaster 



Mesin telusur besar, termasuk Google, menyediakan alat gratis untuk 
webmaster. Alat Webmaster Google membantu webmaster 
mengontrol dengan lebih baik bagaimana Google berinteraksi 
dengan situs web mereka dan mendapatkan informasi 
bermanfaat dari Google mengenai situs mereka. 



Penggunaan Alat Webmaster tidak akan membantu situs 
mendapatkan perlakuan istimewa; tapi, bisa membantu mengenali 
masalah yang, jika diatasi, bisa membantu situs berkinerja lebih baik 
dalam hasil penelusuran. Dengan layanan tersebut, webmaster bisa: 



• melihat bagian mana dari situs yang menyebabkan Googlebot • memahami penelusuran teratas yang digunakan untuk menjangkau 
kesulitan merayapi situs 

• memberitahukan kami tentang file Petasitus XML 

• menganalisis dan menghasilkan file robots.txt 

• menghapus URL yang sudah dirayapi Googlebot 

• menentukan domain pilihan Anda 

• mengenali masalah dengan meta tag judul dan deskripsi 



• melihat sekilas bagaimana Googlebot melihat laman 

• menghapus tautan situs yang tidak diinginkan yang mungkin 
digunakan Google sebagai hasil 

• menerima pemberitahuan pelanggaran pedoman kualitas dan 
meminta pertimbangan ulang situs 



Yahoo! (Yahoo! Site Explorer) dan Microsoft (Alat Webmaster Bing) 
juga menawarkan alat gratis untuk webmaster. 

Analisis tingkat tinggi mungkin dilakukan melalui Google Analytics dan Pengoptimal 
Situs Web 

Jika sudah meningkatkan perayapan dan pengindeksan situs dengan seperti Google Analytics merupakan sumber wawasan yang bernilai 
Alat Webmaster Google atau layanan lain, mungkin Anda ingin untuk ini. Anda juga dapat menggunakan program ini untuk: 
mengetahui lalu lintas yang datang ke situs. Program analisis web 



» mengamati bagaimana para pengguna menjangkau dan bertindak di situs 

» menemukan konten paling dikenal di situs 

» mengukur pengaruh pengoptimalan yang Anda buat ke situs Anda 

- misal: apakah mengubah judul dan meta tag deskripsi meningkatkan lalu lintas dari mesin telusur? 



Bagi pengguna lanjutan, informasi yang disediakan oleh paket 
analisis, digabungkan dengan data dari file log server Anda, dapat 
memberikan informasi yang jauh lebih komprehensif tentang cara 
pengguna berinteraksi dengan dokumen Anda (misalnya kata kunci 
tambahan yang mungkin digunakan penelusur untuk menemukan 
situs Anda). 



Terakhir, Google menawarkan alat lain yang disebut Google 
Pengoptimal Situs Web yang memungkinkan Anda bereksperimen 
guna menemukan perubahan apa di dalam laman yang menghasilkan 
tingkat konversi terbaik dengan pengunjung. Hal ini, dikombinasikan 
dengan Google Analytics dan Alat Webmaster Google (lihat video 
kami tentang menggunakan " Google Trifecta "), merupakan cara 
hebat untuk mulai meningkatkan situs Anda. 



30 



Forum Bantuan Webmaster Google 

http://www.google.eom/support/forum/p/webmasters/ 

Ada pertanyaan atau masukan tentang panduan kami? Beri tahu 

kami. 

Blog Pusat Webmaster Google 

http://googlewebmastercentral.blogspot.com/ 

Pos rutin oleh Karyawan Google tentang cara meningkatkan situs 

web Anda. 

Pusat Bantuan Webmaster Google 

http://www.google.com/support/webmasters/ 

Dilengkapi dengan dokumentasi mendalam tentang masalah yang 

terkait dengan webmaster. 

Alat Webmaster Google 

https://www.google.com/webmasters/tools/ 

Optimalkan bagaimana Google berinteraksi dengan situs web Anda. 

Pedoman Webmaster Google 

http://www.google.com/webmasters/guidelines.html 
Pedoman desain, konten, teknis, dan kualitas dari Google. 



Google Analytics 

http://www.google.com/analytics/ 

Temukan asal pengunjung, apa yang mereka lihat, dan bandingkan 
perubahannya terhadap tolok ukur. 

Google Pengoptimal Situs Web 

http://www.google.com/websiteoptimizer/ 

Lakukan eksperimen pada laman untuk melihat apa yang akan 
bekerja dan apa yang tidak. 

Kiat untuk Memilih SEO 

http://www.google.com/support/webmasters/bin/answer. 
py?answer=35291 

Jika tidak ingin melakukannya sendiri, kiat ini akan membantu Anda 
memilih perusahaan SEO. 




Tautan 



• Google Trifecta i ) 

http://www.youtube.com/watch?v=9yKjrdcC8wA 



Brosur ini juga tersedia dalam format PDF. Anda dapat mengunduh versi PDF di ... 

http://www.google.cojp/intl/id/webmasters/docs/search-engine-optimization-starter-guide.pdf 

Kecuali jika disebutkan sebaliknya, penggunaan konten dokumen ini diizinkan menurut Lisensi Atribusi Creative Commons 3.0. 



31 




Go gle 

©Hak cipta 2010 Google merupakan merek dagang Google Inc. 
Semua nama produk dan perusahaan lainnya mungkin adalah merek 
dagang dari masing-masing perusahaan yang terkait. 



 
Copyright © . pepaya boyolali - Posts · Comments
Theme Template by pepaya-boyolali · Powered by Blogger